fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Selain Miliki Nilai Ekonomis, Srikaya Bisa Jadi Tanaman Pencegah Longsor

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Di musim tertentu buah Srikaya mudah ditemui di Kabupaten dengan harganya yang tidak terlalu mahal. Srikaya merupakan tanaman hortikultura yang dapat berkembang baik di kondisi lahan layaknya di kabupaten Gunungkidul dengan kondisi bebatuan keras. Mayoritas tanaman ini tumbuh subur di zona utara.

Kepala Bidang Perkebunan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Budi Sudartanto mengungkapkan hampir semua wilayah di Kabupaten Gunungkidul mengembangkan tanaman srikaya. Namun yang banyak dan setiap tahunnya panen dalam jumlah besar dan dijual adalah petani di wilayah Tepus, Tanjungsari, Girisubo.

“Zona selatan banyak sekali yang mengembangkannya. Begitu pula zona utara juga mulai membudidayakan,” terang Budi, Kamis (29/10/2020).

Saat ini petani di kawasan utara, yaitu di Kapanewon Gedangsari juga mulai banyak yang mengembangkan budidaya tanaman srikaya. Tanaman ini tumbuh subur di lereng-lereng perbukitan dan tumbuh diantara bebatuan keras. Dengan akar yang kuat dan batang kecil sangat membantu mencegah terjadinya longsor dikawasan perbukitan.

Berita Lainnya  Sempat Dibubarkan Aparat, Program Warung Gratis DPP Gunungkidul Dilanjutkan Kembali

Tanaman ini juga cocok dikembangkan di wilayah curam dan berpotensi longsor. Pasalnya pohon srikaya dengan batang dan akar kuat mampu sebagai pencegah bencana tanah longsor.

“Ada beragam manfaatnya selain laku dijual juga ada manfaat lain yang didapat,” imbuhnya.

Sebagian besar petani di Gedangsari mulai mengenal sejumlah varietas, seperti Si Nyonya dengan ciri khas buahnya yang besar, isinya kecil dan dagingnya tebal, ukurannya dapat mencapai setengah kilogram per buah, varietas srikaya sudah bersertifikasi dari Kementerian Pertanian

Kemudian, varietas metris mempunyai ciri khas buah yang kecil tetapi produksinya cukup tinggi dapat mencapai 100 buah/batang. Varietas Lumut dengan ciri khas varietas lumut adalah buahnya yang halus agak putih ukuran buah sedang.

Berita Lainnya  Disengat Hewan Beracun Pada Kaki Kirinya, Bupati Badingah Opname di Rumah Sakit

Ada juga, varietas Wulung tergolong langka, ciri khas varietas wulung adalah buahnya yang biru kehitaman ukuran buah sedang. Ada sebuah unit yang mengenalkan varietas-varietasi ini.

Dengan pengenalan varietas yang dikembangkan dapat memberikan pilihan kepada para petani dalam budidaya tanaman srikaya karena keunggulan dan harga masing-masing yang berbeda.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler