fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pemerintah Dorong Investor Bangun SPBU di Sekitar JJLS

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Sejumlah pemilik modal mulai melirik kawasan utara dan selatan yang saat ini pembangunan infrastrukturnya terus dikebut oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Sektor usaha yang dibidik oleh para pemilik modal ini adalah dengan direncanakannya pendirian SPBU. Mengingat selama ini di kawasan utara dan selatan masih sangat minim adanya tempat pengisian bahan bakar kendaraan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengungkapkan beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Hiswana migas dan Pertamina untuk mengidentifikasi area atau wilayah di Gunungkidul dengan kebutuhan BBM meningkat. Selain untuk masyarakat, juga termasuk menyediakan BBM bagi wisatawan agar saat melakukan pengisian tidaklah terlalu jauh.

Berita Lainnya  Pemudik yang Datang ke Gunungkidul Sebelum Masa Pelarangan Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

“Kami mendorong pemilik modal untuk berinvestasi di bidang ini, salah satu yang kami tawarkan adalah di sekitar JJLS,” ungkap Johan Eko Sudarto, Sabtu (31/10/2020).

Seiring dengan pembangunan infrastrutur dan mobilitas masyarakat, sampai dengan saat ini di kawasan selatan masih belum memiliki SPBU. Sehingga ketersediaannya pun sangat dibutuhkan. Selain memenuhi kebutuhan wisatawan juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bagi masyarakat di wilayah bagian selatan.

“Sudah ada komunikasi, insting pemilik modal justru lebih kuat dengan hitung-hitungan mereka. Kemungkinan menunggu JJLS selesai dibangun mereka juga akan mulai berinvestasi,” imbuhnya.

Dinas sendiri hanya memiliki kewenangan dalam merekomendasi dan memantau pendistribusiannya. Pengontrolan tera ulang di SPBU juga menjadi keeajiban dinas, agar tidak ada manipulasi atau kecurangan yang menguntungkan pihak tertentu. Sementara untuk pengawasan lain-lain merupakan ranah Pertamina.

Berita Lainnya  RS Rujukan Covid-19 Nyaris Penuh, Dinas Siapkan RS Swasta

Selain oengarahan di JJLS rencanaya pemilik modal juga membidik jalur utara yang menghubungkan Gading-Prambanan dan Exit Tol di ruas jalan tersebut untuk dibangun SPBU. Sehingga eisatawan atau masyarakat lokal yang ada disekitar tidak perlu khawatir nantinya saat BBM mulai menipis.

“Dalam jangka waktu dekat rencananya akan ada penambahan 3 SPBU di Patuk, Jalan Karangmojo- Semin, dan sekitar Mulo,” tambahnya.

Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Gunungkidul, Irawan Jatmiko juga mengatakan ada beberapa pemilik modal yang telah mengurus berkas perizinan pembangunan SPBU. Bahkan sudah ada yang izinnya keluar dan tinggal kelengkapan lain serta eksekusi pembangunan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler