fbpx
Connect with us

Sosial

Semaraknya Suasana Takbir di Kota Wonosari, Warga Tumpah Ruah Lakukan Takbir Keliling

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Kemeriahan malam takbiran di kawasan Padukuhan Dunggubah 1 dan 2, Desa Duwet, Kecamatan Wonosari nampak terasa pada lebaran kali ini. Hampir seluruh warga setempat tumpah ruah memadati ruas jalan Wonosari Baron untuk melakukan takbir keliling. Tak peduli tua maupun muda hingga anak anak dari 8 semua turun dan saling berlomba menyemarakkan malam Idul Fitri 1440 H dalam takbir keliling yang baru pertama kali digelar ini. Mereka menampilkan kreasi terbaik dengan diiringi berbagai musik dari gamelan hingga drum band.

Ketua panitia penyelenggara takbir keliling Padukuhan Dunggubah, agenda takbir keliling ini memang baru pertama kali digelar di wilayah tersebut. Sehingga ia cukup senang saat melihat antusiasme warga yang sangat besar. Ke depan, ia berharap agar kegiatan ini bisa semakin besar dan menyemarakkan perayaan Lebaran di padukuhannya.

“Sekarang memang baru 8 RT, harapan saya di masa mendatang seluruh padukuhan se Desa Duwet bisa ambil bagian,” jelas Iip, Selasa (04/06/2019) malam.

Meski sempat membuat arus lalu lintas di sepanjang jalan Wonosari Baron tersendat, namun melihat antusias peserta untuk bertakbir, tahlil dan tahmid layak diapresiasi.

“Dan ini dalam rangka menegakkan amar makruf nahi munkar sekaligus menjalin ukhuwah Islamiah secara lebih konkret, ” tambahnya.

Sementara itu menurut Sujono, tokoh masyarakat padukuhan Dunggubah, pihaknya gencar menginisiasi terselenggaranya acara ini demi majunya kegiatan umat di Desa Duwet. Dengan adanya kegiatan semacam ini, selain suasana takbiran yang semarak, pihaknya juga berharap kegiatan ini bisa meningkatkan ibadah warga.

“Karena ini sifatnya perdana, maka tidak diambil rute yang jauh. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas parah. Rute yang dipilih sebagian besar di jalan jalan kampung, sementara yang lewat jalan protokol hanya ratusan meter saja,” kata Sujono.

Di tempat terpisah, kemeriahan malam takbir keliling juga terjadi di pusat kota Wonosari. Ribuan jamaah dari berbagai Masjid di Kota Wonosari tumpah ruah memadati jalan protokol kota Wonosari. Berbagai atraksi ditampilkan umat Islam dengan penuh kegembiraan menyambut Idul Fitri yang jatuh pada Rabu (05/06/2019) ini. Tak pelak arus selama dilangsungkannya takbir keliling, arus lalu lintas disekitar Alun Alun Wonosari dialihkan lewat jalur yang tidak dilintasi umat yang sedang takbir keliling.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler