fbpx
Connect with us

Peristiwa

Sempat Tak Ada Yang Berani Menebang, Pohon Keramat Tumbang Timpa Rumah Warga

Diterbitkan

pada

Rongkop, (pidjar.com)–Sebuah pohon berusia ratusan tahun di Padukuhan Siyono C, Kalurahan Petir, Kapanewon Rongkop tumbang pada Rabu (06/04/2022) kemarin. Naasnya, pohon batang pohon berukuran besar tersebut menimpa rumah seorang warga. Beruntungnya tidak sampai ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut lantaran penghuni rumah sebelumnya telah mengungsi.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto, menyampaikan tiga hari sebelum kejadian, pohon ratusan tahun berjenis bolang dengan ketinggian 20 meter dan diameter 250 centimeter tersebut memang sudah menunjukkan tanda-tanda akan roboh. Pohon tersebut sudah dalam keadaan miring dan berpotensi roboh ke arah sebuah rumah, balai padukuhan, dan sebuah masjid.

Melihat kondisi pohon tersebut, pemilik rumah bernama Jimin (58) beserta istrinya memutuskan untuk mengungsi terlebih dahulu di rumah saudaranya.

Berita Lainnya  Disruduk Avanza, Dua Bocah Tewas di Tempat

“Tiga hari sebelum kejadian itu pohon sudah dalam keadaan miring ke arah rumah pak Jimin, Balai dusun, dan masjid Alhuda. Pak Jimin dan istrinya kemudian mengungsi ke rumah saudaranya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Warga sekitar yang sebelumnya mengetahui tanda-tanda pohon akan roboh tak berani menebang pohon tersebut. Hal ini lantaran pohon berusia tua ini memang dikeramatkan oleh warga setempat.

Akhirnya pada Rabu pagi sekitar pukul 05.30 WIB, pohon keramat itu roboh dengan sendirinya. Seperti yang diperkirakan, pohon menimpa rumah Jimin. Akibat tertimpa pohon, rumah Jimin mengalami kerusakan cukup parah pada bagian atapnya dan bangunan lainnya. Dari hasil assesment yang dilakukan, kerugian sendiri ditaksir mencapai Rp. 50 juta.

Berita Lainnya  Bangkai Penyu Tanpa Kepala Ditemukan Membusuk di Pantai Sepanjang

“Saat kejadian cuaca sebenarnya dalam keadaan cerah, tidak ada angin dan hujan. Pada Rabu siang kemarin, sudah mulai dilakukan evakuasi batang pohon tersebut dibantu oleh warga sekitar, BPBD, Tagana dan Relawan FJI,” tutup Suryanto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler