fbpx
Connect with us

Peristiwa

Truk Pengangkut Puluhan Pedagang Terguling, Sedikitnya Belasan Orang Alami Luka

Diterbitkan

pada tanggal

Ponjong,(pidjar.com)–Sebuah truk sarat penumpang mengalami kecelakaan tunggal di tanjakan Mendak, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong, Jumat (09/08/2019). Truk yang mengangkut puluhan pedagang itu terguling dan menyebabkan belasan hingga puluhan korban mengalami luka baik berat maupun ringan. Hingga saat ini petugas kepolisian masih mendalami kasus itu serta melakukan pendataan identitas korban.

Panit Lantas Polsek Ponjong, Iptu Edy Ganefiono mengatakan, kecelakaan sendiri terjadi sekitar pukul 07.45 WIB. Bermula ketika truk dengan nomor polisi AB 9148 ED yang dikemudikan oleh Parsi (55) warga Mendak RT 02 RW 02, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong melaju dari arah pasar Ponjong menuju Kenteng.

Edy menjelaskan, kondisi medan lokasi kejadian dengan tanjakan yang cukup panjang dan tinggi tersebut membuat truk kewalahan untuk melaluinya. Pengemudi pun berusaha melakukan manuver dengan mengurangi gigi kendaraan.

“Sopir terlambat oper giginya, sehingga membuat truk tak kuat menanjak dan kemudian berjalan mundur,” kata Edy, Jumat siang.

Suasana cukup mencekam terjadi saat truk melaju mundur itu. Pasalnya para penumpang yang terdiri dari puluhan pedagang yang ada di dalam bak truk berteriak histeris.

Berita Lainnya  Diduga Copet, Wanita Paruh Baya Diamankan Saat Hendak Bawa Kabur Dompet Pengunjung Toko Emas

“Para penumpang panik. Dalam situasi kritis tersebut, kemudian sopir membanting stir ke arah kiri dan membenturkannya ke bukit, namun upaya penyelamatan diri itu nampaknya tidak berhasil karena truk justru terguling,” terang Edy.

Akibatnya, puluhan penumpang yang memadati bak truk itu pun terlempar dari bak truk ke jalanan. Sehingga, banyak dari mereka yang mengalami luka pada bagian tubunya.

“Data pasti belum bisa kami pastikan untuk jumlah korbannya. Tapi informasi yang sementara kami dapat, truk itu memuat 27 orang penumpang,” jelas Edy.

Ia mengatakan, sejumlah korban yang mengalami luka-luka terpaksa harus dilarikan menuju rumah sakit. Bahkan informasi yang diterima pihak kepolisian, ada korban yang harus di rujuk ke rumah sakit di Yogyakarta akibat mengalami luka parah.

Berita Lainnya  Motor Dirampas Pria Mengaku DC, Gadis Cantik Ini Lapor Polisi

“Korban sementara ada 16 orang dirawat di Pantirahayu, Puskesmas Ponjong dan RSUD Wonosari. Kalau ada yang dirujuk itu mungkin tindak lanjut dari pertolongan pertama yang dilakukan,” terang dia.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih terus melakukan pendataan terhadap para korban. Untuk itu pihaknya belum bisa memberikan keterangan terkait jumlah pasti dan kondisi para korban.

“Untuk jumlah pastinya masih belum bisa, karena dari masih di data dan kami limpahkan ke Unit Laka Polres Gunungkidul,” paparnya.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Gunungkidul, Iptu Soni Yuniawan membenarkan adanya peristiwa tersebut. Kendati demikian, pihaknya juga masih belum bisa memberikan keterangan terkait jumlah korban dan kondisi terkini para korban.

“Anggota masih melakukan pendataan dan olah tempat kejadian perkara,” terang dia.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler