fbpx
Connect with us

Sosial

Sempat Tiarap Karena Pandemi, Begini Langkah UMKM Gunungkidul Kembali Bangkit

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah kini kian solid pasca diterjang pandemi. Mereka saling membantu untuk segera memulihkan perekonomian pasca pandemi. Seperti yang diketahui, pandemi sendiri memang cukup berdampak, penjualan yang turun drastis makin mempersulit roda perekonomian pelaku UMKM.

Ketua Forum Komunikasi UMKM Gunungkidul Agustina Ika Vitri mengatakan, ia sudah melakukan pendataan nama pengusaha dan jenis usaha di masing-masing kapanewon. Setiap kapanewon memiliki koordinator dengan tujuan untuk berbagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi antar pelaku usaha.

“Tentu saja agar ekonomi mereka jalan, produk harus terus laku. Permasalahn mereka ada pada pemasaran,” ucap Ika kepada pidjar.com, Minggu (11/04/2021).

Ika menambahkan, pihaknya sudah mencoba membuka peluang untuk pelaku usaha dengan membantu pemasaran baik melalui online ataupun offline. Hanya saja setelah melihat produknya, ternyata permasalahannya tak hanya pada sekedar pada pemasaran.

“Ternyata mainset mereka juga perlu diluruskan, kami juga memberikan tempat untuk konsleling bagi teman-teman UMKM yang berniat untuk maju, responnya cukup bagus,” ujarnya.

Ika menerangkan, dari sisi produk, UMKM di Gunungkidul sudah cukup inovatif. Hanya permasalahan seperti packaging seringkali ditemukan sehingga nilai jual barang tidak begitu mahal.

“Kalau kita mau online harus kelihatan bagus, karena yang ditawarkan adalah gambar bagaimana menarik pelanggan dari sebuah gambar kita juga harus memberikan edukasi membuat branding, labeling agar produk mereka laku di pasaran,” papar Ika.

Untuk membantu secara online, pihaknya sudah memiliki e commerce atau khusus pelaku usaha UMKM Gunungkidul. Forkom UMKM juga sudah memiliki gerai di tengah Kota Wonosari.

“Mainset mereka juga UMKM ini diidentikan dengan makanan padahal craft dan fashion juga ada di kami,” jelasnya.

Ia berharap, upaya ini dapat menggeliatkan roda perekonomian UMKM di Gunungkidul. Ia menargetkan tahun ini produk UMKM Gunungkidul dapat dikenal secara nasional juga merambah ke pasar internasional.

“Kami punya target di jangka pendek edukasi berkaitan dengan produk mereka,” tandas Ika.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler