fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Siapkan Anggaran Belasan Miliar, Lansia di Gunungkidul Akan Dapat Bantuan Pemerintah

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Wonosari,(pidjar.com)–Salah satu program pemerintah yang akan diperhatikan dan masuk dalam pembahasan RAPBD 2020 yakni berkaitan dengan kesejahteraan kaum lanjut usia Gunungkidul. Rencananya Pemkab Gunungkidul akan memberikan perhatian khusus bagi lanjut usia agar kesejahteraan mereka jauh lebih terperhatikan. Kepada para lansia tersebut, nantinya akan diberikan jatah hidup dari pemerintah.

Adapun total anggaran untuk rencana program ini mencapai 13 miliar rupiah. Program tersebut akan menyasar pada sedikitnya 9000 lansia yang tersebar di Kabupaten Gunungkidul.

Sekretaris Komisi D, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul, Sukardi mengungkapkan, nantinya dalam pembahasan RAPBD 2020, pihaknya akan melakukan pencermatan pada program pemberian jatah makan kepada lansia di Gunungkidul. Pemberian makan ini sendiri akan diberikan selama dua bulan.

Beberapa aspek yang mendorong tercetusnya program tersebut yakni untuk mencukupi kebutuhan gizi yang didapat oleh lansia. Sehingga upaya Pemkab dalam mengurangi jumlah keluarga miskin di Bumi Handayani bisa lebih optimal.

Berita Lainnya  Blangko Habis, Belasan Ribu Warga Gunungkidul Belum Bisa Miliki KTP El

“Sebelum pelaksanaannya nanti perlu dilakukan kajian, agar nantinya didapatkan data yang valid dan tepat sasaran. Misalnya saja mereka (lansia) terlantar, sekiranya masih produktif ya bisa ditunda dulu,” ucap Sukardi, Jumat (22/11/2019).

Tidak hanya itu, teknis dalam penyaluran jatah makan ini pun juga harus dierhatikan oleh pemerintah. Mulai dari kualitas dan beberapa lainnya. Ia juga memberikan catatan, agar lebih awet dan program ini tidak terhenti di tengah jalan, perlu adanya pengawasan yang tepat oleh.petugas dan instansi terkait lainnya. Berkaitan dengan jenis makanan, tentunya disesuaikan dengan gizi yang dibutuhkan pula.

“Program yang cukup bagus saya rasa. Tapi ya memang ada beberapa catatan, contohnya paling tidak makanan yang diberikan itu bahan baku bukan barang jadi,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Risalah dan Perundang-Undangan DPRD Gunungkidul, Sutrisno menambahkan, memang ada rencana dari pemerintah untuk memberikan perhatian lebih bagi lansia di Gunungkidul. Peraturan daerah yang mengatur rencana tersebut akan dilakukan pembahasan di tahun 2020 mendatang.

Berita Lainnya  Santunan Untuk Petugas KPPS Yang Sakit Saat Bertugas Hingga Kini Masih Gelap

“Sudah diajukan mengenai daftar raperda yang akan di bahas tahun 2020 mendatang. Salah satunya mengenai Kesejahteraan Lanjut Usia,” tambahnya.

Sekretaris Dinas Sosial Gunungkidul, Wijang Eka Aswana membenarkan adanya program pemberian jatah hidup bagi lansia di 2020 mendatang. Program ini diinisiasi oleh Pemkab Gunungkidul dengan tujuan untuk mengurangi jumlah keluarga miskin. Sejumlah persiapan pun tentu nantinya akan dilakukan oleh pemkab dengan melibatkan sejumlah OPD yang ada.

Data yang ada di Dinas Sosial, di Gunungkidul memang terdapat ribuan lansia terlantar. Dari dinas sendiri selama ini telah memberikan perhatian kepada mereka, tak jarang mereka yang masih mampu juga dibekali dengan keterampilan untuk produktif dan menghasilkan sehingga nantinya bisa mandiri.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler