fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Siapkan Desain Mewah Tampilkan Panorama Pantai, Pemerintah Berencana Bangun Jalan Lingkar Sepanjang

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sejak beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana membangun jalan lingkar sepanjang. Desain sendiri telah dibuat cukup mewah, dimana jalan tersebut akan melewati sejumlah pantai di wilayah Kalurahan Kemdang. Kendati demikian, wacana pemerintah di Kapanewon Tanjungsari nampaknya belum dapat terealisasi dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan minimnya anggaran yang dimiliki akibat refocusing di masa pandemi covid-19.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Setyo Koordijanto mengatakan, DED jalur lingkar pantai sepanjang tersebut sudah disiapkan sejak 2019 lalu. Namun memang belum ditindak lanjut dengan realisasi fisik ataupun tahapan lainnya.

“Belum ada tahapan lanjutan karena berbagai hal. Terlebih saat ini anggaran banyak yang direfocusing,” kata Setyo, Selasa (20/04/2021).

Menurutnya tahapan untuk realisasi program ini masih cukup panjang. Pasalnya harus melalui upaya pembebasan lahan terlebih dahulu serta beberapa tahapan lainnya.

Ia menjelaskan desain yang diusulkan saat itu diupayakan mempertimbangkan jarak sempadan pantai dan estetika pemandangan. Sehingga didesain melewati area perbukitan dan tidak di jalur utama.

“DED yang disiapkan mulai dari jalan masuk ke pantai sepanjang tembus ke ruas Pantai Nglolang sampai pantai Porok,” jelas dia.

Beberapa hari lalu, Bupati Gunungkidul bersama dengan Kepala DPUPRKP Gunungkidul melakukan pengecekan lokasi yang rencananya akan dibangun jalur lingkar Pantai Sepanjang tersebut.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan dirinya sudah meninjau lokasi termasuk jalan alternatif Kemadang-Sepanjang. Jalan ini diproyeksikan sebagai jalan alternatif. Beberapa tahun lalu telah dilakukan pembebasan tanah oleh pemerintah.

“Infrastruktur menjadi hal utama untuk menunjang segala sesuatunya. Terlebih kami memiliki komitmen di bidang ini, rencana pembangunan jalan ini dirasa sangat strategis untuk percepatan pengembangan Pantai Sepanjang supaya dikunjungi wisatawan,” papar Sunaryanta.

Ia menambahkan, menengok kondisi sekarang jalur wisata di Kabupaten Gumungkidul masih sangat sempit. Kemudian saat hari besar juga sangat rawan kemacetan untuk itu perlu adanya penanganan dalam bidang infrastrutur agar masyarakat dan wisatawan mudah dalam akses lalu lintasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler