fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Sudah Ada 16 Kasus Bunuh Diri, Bupati Segera Evaluasi Kinerja Satgas Berani Hidup

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Hingga pertengahan Bulan April 2021 sudah ada 16 korban sekaligus pelaku bunuh diri dengan cara gantung diri. Jumlah ini mengundang keprihatinan dari berbagai pihak, termasuk juga Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Pasalnya, di Kabupaten Gunungkidul sendiri sudah memiliki Satgas Berani Hidup. Dimana Satgas tersebut memiliki tugas untuk mengedukasi masyatakat agar tidak menjadi pelaku bunuh diri. Namun demikian, kinerja Satgas yang dibentuk pemerintah tersebut nampaknya belum maksimal dengan banyaknya kasus gantung diri yang terus menerus terjadi.

Menanggapi hal ini, Sunaryanta mengatakan dalam waktu dekat ini akan melakukan evaluasi kinerja Satgas Berani Hidup. Ke depan pihaknya akan melibatkan berbagai perguruan tinggi untuk melakukan penelitian penyebab fenomena gantung diri.

“Paling tidak dengan kajian ilmiah setiap kebijakan yang diambil akan tepat,” ucap Sunaryanta, Sabtu (17/04/2021).

Sunaryanta menambahkan, pihaknya juga menggandeng tokoh agama dan organisasi keagamaan untuk melakukan pendampingan spiritual kepada warga. Kendati demikian, ia juga masih menyayangkan kejadian gantung diri di Bumi Handayani terus ada.

“Satgas juga sudah dibentuk tapi terus-terusan begini, makanya akan cari jalan keluar formulasi yang visioner untuk meretaskan permasalahan gantung diri,” ungkap Sunaryanta.

Selain melibatkan perguruan tinggi, ia juga akan melibatkan dokter spesialis kejiwaan untuk menyusun program peretasan masalah gantung diri. Sehingga harapannya, fenomena ini dapat ditekan.

“Paling tidak dengan kebijakan tepat permasalahan sosial bisa segera tertangani,” tandas Sunaryanta.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler