fbpx
Connect with us

Sosial

Sumbatan Luweng dan Sungai Picu Banjir, Masyarakat dan Organisasi Sosial Galakkan Bersih Kali

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Belum lama ini Bupati Gunungkidul mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh panewu dan lurah se-Gunungkidul. Dalam SE tersebut, bupati mengimbau untuk melaksanakan gerakan bersih kali dan luweng untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan. Menindaklanjuti SE ini, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Gunungkidul bersama dengan masyarakat mengadakan bersih kali Sumurup di Padukuhan Kamal, Kapanewon Wonosari.

Direktur PKBI Gunungkidul, Tri Wahyu Ariningsih mengatakan, dalam surat edaran tersebut memerintahkan ketua RW/Rt dan kelompok pemerhati kali bersama masyarakat untuk melakukan gerakan bersih kali dan luweng serta saluran air lingkungan sekitar. Untuk itu pihaknya berkerjasama dengan mahasiswa dan masyarakat Padukuhan Kamal, Kapanewon Wunung mengadakan kegiatan bersih kali.

Berita Lainnya  Idul Adha Tahun Ini, Masjid Agung Al Ikhlas Tak Selenggarakan Sholat Ied dan Pemotongan Kurban

“Karena SE tersebut dan kebetulan PKBI ada program di Wunung berkaitan dengan perubahan iklim maka kami berusaha menggerakkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersihan sungai dan luweng,” papar Tri Wahyu Ariningsih.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Sungai Sumurup di Padukuhan Kamal ini merupakan muara dari sungai-sungai di wilayah Wonosari. Kemudian air tersebut mengalir ke Pantai Baron, selain itu masih banyak warga yang memanfaatkan sungai untuk mandi, cuci dan aktivitas lainnya. Sehingga perlu pemahaman lebih berkaitan dengan kebersihan sungai.

Selain itu, berkaca pada kejadian di beberapa tahun silam. Gunungkidul sempat dilanda banjir di beberapa titik karena luapan air sungai, pihaknya berupaya untuk ikut andil dalam antisipasi terjadinya bencana banjir.

Berita Lainnya  Rawan Beredar Isu Hoax Pasca Rentetan Gempa Yang Melanda Gunungkidul, Masyarakat Diminta Hati-hati

Selain bersih kali yang diikuti oleh masyarakat umum, karantaruna, kalurahan, hingga mahasiswa pihaknya juga mengadakan bakti kesehatan dengan pemeriksaan gratis di kompleks pasar Kamal. Edukasi tentang buang sampah, termasuk aktivitas memancing juga diberikan saat bersih kali tadi pagi.

“Kegiatan kami ini dimaksukan untuk turut memelihara lingkungan sungai, mengkampanyekan cara menghargai air dengan membersihkan sampah di sekitar sungai, membantu warga dalam membersihkan sungai agar tidak tercemar oleh sampah,”

“Harapan kami masyarakat kedepannya lebih perduli kembali dengan kebersihan sungai, alam juga perlu imbal balik agar semuanya tetap terjaga dengan baik,” sambungnya.

Selain kegiatan bersih kali, pihaknya juga melakukan bakti kesehatan dengan pemerkisaan kesehatan secara gratis bagi warga Kamal dan wilayah Wunung lainnya. Selain itu, edukasi kesehatan serta program keluarga berencana, kesehatan reproduksi dan lainnya juga diberikan kepada masyarakat.

Berita Lainnya  Nekeran, Permainan Tradisional Populer Yang Kini Hampir Punah Digerus Zaman

“Kami adakan pemeriksaan gratis agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan yang ada diprogram kami. Alhamdulillah antusias masyarakat tadi pagi sampai siang luar biasa,” paparnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler