fbpx
Connect with us

Politik

Surat Suara Sudah Dikirim, KPU Siapkan Ratusan Tenaga Untuk Sortir dan Lakukan Pelipatan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Ratusan ribu surat suara yang nantinya akan digunakan dalam Pemilu 2019 akan segera dikirimkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul. Berkaitan dengan hal ini, KPU Gunungkidul mulai mempersiapkan personel untuk melipat surat suara tersebut. Rencananya, ratusan orang akan disiapkan guna melakukan persiapan terakhir pada surat-surat suara tersebut.

Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho memaparkan, surat suara sebagai logistik Pemilu 2019 sudah dikirim kepada pihaknya. Ia memaparkan, pengiriman sendiri sudah dilakukan pada Kamis (14/03/2019) lalu. Adapun surat suara yang dikirim adalah untuk kertas suara DPR RI. Sedangkan surat suara yang lain yang berisi calon anggota DPRD Gunungkidul, DPRD DIY, Pemilihan Presiden, serta DPD RI akan menyusul dikirim.

Berita Lainnya  Jadi Sumber Kegaduhan Tak Penting, PKS Tugaskan Kader Jadi Agen Anti Hoaks

“Rencananya kiriman susulan akan dilakukan pada 20 Maret 2019 mendatang,” ujar Andang, Jumat (15/03/2019) kemarin.

Dijelaskannya, surat suara yang dikirim adalah sebanyak 1.237 kardus. Adapun rinciannya sebanyak 1.236 kotak masing-masing berisi 500 lembar surat suara di setiap kardusnya. Sedangkan satu kardus lainnya hanya berisi 12 lembar surat suara.

“Untuk berjaga-jaga ada cadangan sebanyak 2% dari daftar pemilih tetap (DPT),” ucapnya.

Ditambahkan Andang, pihaknya akan mulai melakukan sortir sekaligus juga pelipatan surat suara yang telah datang pada Selasa (19/03/2019) depan. Untuk hal ini, pihaknya telah mempersiapkan ratusan tenaga.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani menambahkan, berdasarkan dari hasil evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2014, kebutuhan tenaga lipat mencapai 250 orang. Namun demikian pihaknya juga masih akan mengkaji jumlah tenaga pelipat.

Berita Lainnya  Saling Salip Para Calon Bupati PAN di Tikungan Terakhir dan Potensi Tersingkirnya Immawan

“Dengan tenaga sebanyak 250 orang maka proses pelipatan bisa selesai tepat waktu sehingga tidak mengganggu jalannya pemilu,”ucapnya.

Selain surat suara, KPU Gunungkidul sudah menerima formulir, alat pencoblos, tinta hingga kotak dan bilik suara. Ahmadi optimis dengan persiapan yang telah matang dan sesuai rencana ini, tahapan-tahapan Pemilu hingga hari pencoblosan bisa berlangsung dengan lancar.

“Kami yakin semua logistik akan siap menjelang pencoblosan 17 April 2019 mendatang,” ucapnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler