fbpx
Connect with us

Pariwisata

Tingkatkan Pendapatan Masyarakat, Sunaryanta Upayakan Wisatawan Tak Hanya Berkunjung Tapi Tinggal

Published

on

Nglipar,(pidjar.com)–Sektor pariwisata di Gunungkidul saat ini terus berkembang pesat, terutama di kawasan selatan. Hal tersebut berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang kian meningkat. Kendati demikian, pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah berkaitan dengan pemerataan kesejahteraan terutama di kawasan utara yang juga memiliki potensi pariwisata alam non pantai.

Calon Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memiliki gagasan untuk bisa mengembangkan sektor pariwisata secara menyeluruh. Artinya pemerintah nantinya mempunyai peran besar untuk menarik wisatawan tinggal lebih lama di Gunungkidul. Sehingga wisatawan tidak hanya berkunjung ke pantai saja.

“Bagaimana kita menarik wisatawan agar tidak hanya datang ke pantai saja, di sektor utara juga banyak yang menarik. Seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Watu Gede Nglipar, Embung Sriten dan masih banyak potensi lain yang sebenarnya mampu kita jual kepada wisatawan tentu dengan konsep dan kemasan yang menarik,” ucap Sunaryanta, calon bupati nomor urut 4 itu, Senin (05/10/2020).

Ia berpendapat, bahwa kawasan utara dapat dikemas menjadi wisata malam. Artinya, wisata malam ini bukanlah wisata negatif, namun wisata yang memanfaatkan ketinggian untuk menikmati Gunungkidul di malam hari.

“Wisata keluarga di malam hari menikmati keindahan Gunungkidul bagian utara dari sejumlah lokasi wisata yang notabene lebih tinggi lokasinya,” ucap Sunaryanta.

Hal ini tentu harus didorong penuh oleh pemerintah nantinya. Dirinya melihat akses pariwisata menjadi prioritas. Sehingga dengan akses serta promosi akan mampu menarik wisatawan berkunjung ke wilayah utara Gunungkidul.

“Kalau kunjungan sudah merata, nanti akan berdampak pada pemerataan kesejahteraan masyarakat. UMKM yang ada akan mengikuti untuk bergerak tumbuh dan berkembang,” terang dia.

Sunaryanta menjelaskan, dengan pemerataan kesejahteraan ini akan berdampak pada penekanan angka kemiskinan di Gunungkidul. Sehingga masyarakat tidak hanya menjadi penonton di tengah perkembangan pariwisata saat ini.

“Perlu juga dipikirkan bersama bagaimana cara agar wisatawan itu tinggal lebih lama di Gunungkidul. Tidak hanya mampir, nanti mereka bisa membelanjakan uangnya lebih banyak. UMKM semakin hidup, usaha kecil rumahan dan kuliner juga akan terangkat melihat potensi kuliner yang ada di Gunungkidul ini,” beber pria yang menggandeng Heri Susanto sebagai wakilnya itu.

Lebih lanjut dikatakan, selama ini dirinya turun langsung melihat potensi pariwisata yang ada di Gunungkidul. Langkah ini ia ambil guna menentukan kebijakan jika nanti dirinya terpilih menjadi bupati Gunungkidul.

“Ratusan titik saya datangi selama ini, karena saya ingin melihat langsung permasalahan yang ada seperti apa. Nantinya ketika kita tahu masalahnya, maka akan mudah untuk mencari solusi,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler