fbpx
Connect with us

Sosial

Tahapan Masih Berjalan, Baru 10% Siswa SD di Gunungkidul Yang Telah Divaksin Covid19

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Vaksinasi bagi anak-anak kelompok usia 6-11 tahun di Gunungkidul telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Adanya penambahan kelompok usia tersebut turut menambah jumlah sasaran dan capaian vaksinasi yang sudah berjalan. Pendekatan persuasif dari pemerintah daerah terhadap kelompok usia 6-11 tahun diperlukan dalam rangka mendukung tercapainya sasaran vaksinasi, khususnya di kalangan para siswa SD.

Kepala Bidang Sekolah Dasar, Disdikpora Gunungkidul, Taufik Aminudin, menyampaikan, pihaknya senantiasa melakukan pendekatan ke siswa ataupun orangtua siswa melalui sekolah-sekolah berkaitan dengan program vaksinasi ini. Pendekatan yang dilakukan juga untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar tidak takut untuk divaksin. Pihaknya sendiri telah mengeluarkan surat yang ditujukan untuk koordinator wilayah agar turut melakukan pendekatan yang efektif terhadap para siswa hingga wali murid.

“Kalau kami harapkan, pelaksanaannya bisa sesuai rencana dan mencapai target,” ucap dia, Jumat (31/12/2021).

Sementara itu, Kepala SDN Umbulrejo, Kapanewon Ponjong, Joko Purnomo, menambahkan, pendekatan yang pihaknya lakukan ialah dengan menjalin komunikasi dengan orangtua atau wali siswa. Langkah tersebut menurutnya untuk memberikan gambaran serta pemahaman terkait pentingnya vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Pihaknya saat ini tengah membahas teknis pelaksanaan vaksinasi di sekolahnya.

“Pada prinsipnya orangtua siswa di sekolah kami setuju dengan pelaksanaan vaksinasi untuk anak. Kalau di sini yang sudah divaksin ada 9 siswa dan yang belum ada 101 siswa,” terang Joko.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, menyampaikan, kelompok usia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksin berjumlah 56.586 anak. Dengan penambahan ini, kini jumlah secara keseluruhan warga Gunungkidul yang menjadi sasaran vaksin berjumlah 651.731 orang. Penambahan tersebut juga mempengaruhi capaian yang sebelumnya telah melebihi 83% yang kemudian menurun sekarang menjadi 77,61% untuk dosis pertama. Hal ini disebabkan, tahapan vaksinasi untuk kalangan siswa SD masih tahap awal pelaksanaan.

Menurutnya, secara keseluruhan, capaian vaksinasi di Gunungkidul terbilang baik. Ia pun optimis capaian dapat meningkat kembali dalam beberapa waktu ke depan seiring dengan digenjotnya vaksinasi di lingkungan-lingkungan sekolah.

“Untuk kelompok usia 6-11 tahun sebanyak 6.051 anak sudah divaksin atau 10,69% dari target,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler