fbpx
Connect with us

Peristiwa

Tak Ada Angin dan Hujan, Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun Roboh Hancurkan Bangunan Pamsimas

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Peristiwa cukup aneh terjadi di wilayah Padukuhan Gubugrubuh, Kalurahan Getas, Kapanewon Playen, Senin (21/02/2021). Bagaimana tidak, sebatang pohon beringin berusia ratusan tahun tiba-tiba tumbang meski di wilayah tersebut tidak ada angin maupun hujan. Bahkan akibat kejadian itu, bangunan panel pompa air hancur karena terkena batang pohon.

Lurah Getas, Pamuji mengatakan, peristiwa robohnya pohon beringisn tersebut terjadi pada Senin sore pukul 16.30 WIB. Adapun kondisi cuaca di wilayahnya cukup cerah.

“Tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba pohon ringin dengan diameter puluhan centimeter roboh,” ucap Pamuji, Senin malam.

Ia menambahkan, pohon tersebut sudah ratusan tahun berdiri di lokasi sumber air Tirto Mulyo Padukuhan Gubugrubuh. Tak jauh dari ringin, terdapat pompa air dengan panel lima meter yang dikelola oleh Pamsimas.

“Batang pohon di bagian bawah memang sudah rapuh dan menimpa panel pompa beserta bangunannya,” kata Pamuji.

Ia belum bosa menaksir secara pasti berkaitan dengan kerugian akibat robohnya pohon tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Kira-kira ya kalau kerugian bisa sampai ratusan juta, rencananya akan kami evakuasi besok,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Toto Sugiharto mengatakan, di lokasi setempat terdapat dua sumber besar. Namun yang dikelola oleh Pamsimas dan dimanfaatkan oleh warga baru satu sumber. Melihat peristiwa ini, pihaknya besok berencana akan meninjau lokasi pompa yang tertimpa pohon tumbang tersebut.

“Yang sumber satu memang belum ada kajiannya, besok rencana akan saya cek,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler