fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Takjil Mengandung Zat Berbahaya Rawan Beredar, Dinas dan BPOM Bakal Gencar Sidak

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Bertepatan dengan bulan puasa, banyak pedagang makanan yang mendadak bermunculan dengan menjajakan takjil. Untuk memberikan rasa aman kepada konsumen, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan berkoordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan pengawasan makanan dan minuman yang dijajakan.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, pemerintah tengah berkoordinasi dengan BPOM untuk melakukan pengawasan dan pengecekan makanan dan minuman yang saat ini beredar. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen atas makanan dan minuman yang beredar, memastikan bahan makanan yang digunakan aman dari zat kimia atau tidak dan zat-zat berbahaya lainnya.

“Masih dikomunikasikan terkait kapan akan dilakukan pengecekan dan pengawasan di lapangan,” ujar Kelik, Kamis (30/03/2023).

Berita Lainnya  Pendaftar Calon Kepala Desa Membludak, Tiga Desa Akan Segera Gelar Seleksi Tambahan

Di momen seperti saat ini, sangat rawan peredaran makanan yang mengandung zat berbahaya, makanan tidak layak izin edar maupun makanan dan minuman kedaluarsa. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, masih ada temuan makanan yang mengandung perwarna non makanan, makanan kemasan yang kedaluarsa dan lain sebagainya.

“Pembeli harus jeli. Apalagi kalau makanan-makanan kemasan, harus diteliti dulu kapan kedaluarsanya jangan sampai asal ambil tapi ternyata makanan tersebut sudah kedaluarsa,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan siap membantu Dinas Perdagangan dan BPOM dalam pengawasan peredaran makanan dan minuman berbahaya. Sehingga masyarakat memiliki rasa aman saat membeli makanan yang layak konsumsi.

Berita Lainnya  Jelang Ramadhan, Ibadah di Masjid Disesuaikan dengan Zonasi

Razia di sejumlah titik perbelanjaan pun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan. Tahun lalu saja, Satpol PP bergerak menggelar razia di swalayan untuk memastikan makanan yang beredar di pasaran.

“Tentunya kami siap membantu melaksanakan pengawasan dan pengecekan makanan minuman yang diperjual belikan” ujarnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler