fbpx
Connect with us

Peristiwa

Talud Ambrol, Longsor Susulan Ancam Rumah Warga

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Talud milik Supriyadi (43) warga Karang (31/09), Kalurahan Nglegi, Kapanewon Patuk longsor. Akibatnya talud dengan tinggi 15 meter dan panjang 25 meter membahayakan rumah milik tetangganya yang diketahui bernama Widodo (46).

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto menerangkan, peristiwa longsornya talud puluhan meter tersebut terjadi pada Rabu (07/04/2021) siang kemarin. Curah hujan yang cukup tinggi membuat talud terkikis oleh air.

“Kondisi talud sendiri sudah retak di sejumlah bagian,” ujar Iptu Suryanto, Kamis (08/04/2021) pagi.

Iptu Suryanto menambahkan, material longsoran talud menutup halaman Widodo yang memang di bawah rumah Supriyadi. Karena khawatir dengan longsor susulan, warga setempat dibantu dengan anggota TNI dan Polri lantas menutup bekas longsor dengan menggunakan terpal.

“Rencana evakuasi material longsor akan diselesaikan pada siang ini,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Namun kerugian yang dialami jika ditaksir mencapai Rp 30 juta.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, masyarakat agar selalu waspada dengan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Kendati Siklon Tropis Seroja tak melewati Pulau Jawa namun ia sendiri selalu melakukan update prakiraan cuaca dengan BMKG.

“Info cuaca yang diupdate BMKG selalu kami bagikan kepada masyarakat melalui FPRB, ini menjadi rujukan kesiapsiagaan,” tandas Edy.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler