fbpx
Connect with us

Peristiwa

Talud Belasan Meter Ambrol, Dua Rumah Warga Terancam Bahaya

Diterbitkan

pada tanggal

Semanu,(pidjar.com)–Sebuah talud dengan ukuran tinggi lima meter dan lebar empat belas meter yang terletak di Padukuhan Piyuyon, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu ambrol pada Senin (24/03/2020) malam tadi. Ambrolnya talud tersebut mengancam dua rumah milik warga yang tepat berada di sampingnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, insiden ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Kala itu, di wilayah Desa Pacarejo tengah diguyur hujan deras yang berlangsung cukup lama. Tiba-tiba, terdengar suara gemuruh yang cukup kencang. Ketika dilakukan pengecekan, asal muasal suara sendiri bersumber dari lokasi talud. Di tengah hujan deras, sejumlah warga langsung melakukan pengecekan. Saat itulah didapati, talud berukuran belasan meter tersebut telah ambrol.

Berita Lainnya  Puting Beliung Sapu Semanu, Belasan Pohon Tumbang, Jaringan Listrik Padam

Material longsor sendiri tak sampai menimbulkan korban. Namun demikian, tepat di dekat talud yang ambrol terdapat dua rumah warga yakni Parno (54) dan Wagino (50) warga setempat. Rumah Parno berada di atas talud, sedangkan rumah Wagino berada persis di bawah talud yang longsor.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki, Selasa (24/03/2020).

Menurut Edy, talud yang ambrol itu tengah ditangani oleh petugas yang dibantu warga. Langkah cepat sendiri memang diperlukan lantaran di lokasi itu sangat berpotensi terjadi longsor susulan. Disampaikannya, jika ini terjadi, bahaya bisa terjadi pada 2 keluarga yang menghuni rumah yang tepat berada di dekat talud.

Berita Lainnya  Keluyuran di Jam Kerja, 9 PNS dan Pelajar Digiring Sat Pol PP

Edy sendiri menghimbau kepada warga yang tinggal di sekitar talud untuk meningkatkan kewaspadaannya. Manakala terjadi hujan deras, diharapkan bisa melakukan pantauan serta jika diperlukan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Selain itu kami juga mengirimkan logistik makanan untuk proses pengondisian lokasi tersebut,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler