fbpx
Connect with us

Sosial

Tambah 1 Dari Semin, Total Positif Corona di Gunungkidul Jadi 50 Kasus

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Kasus positif covid-19 di Kabupaten Gunungkidul kembali bertambah. Kali ini, seorang laki-laki berusia 51 tahun warga Kapanewon Semin dinyatakan positif setelah hasil swab keluar. Ia menjalani pemeriksaan lantaran mempunyai riwayat perjalanan ke luar kota sebelumnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menjelaskan bahwa tambahan kasus ini membuat total kasus positif di Gunungkidul menjadi 50 kasus. Untuk kasus Semin tersebut, merupakan kasus baru atau bukan klaster yang ada di Gunungkidul sebelumnya.

“Ini kasus baru, dia (pasien positif) memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya,” kata Dewi, Selasa (16/06/2020).

Ia mengatakan, adanya temuan kasus baru ini pihaknya langsung melakukan tracing. Namun begitu, belum bisa disampaikan berapa orang yang disasar menjalani tracing Dinkes Gunungkidul berkaitan dengan kasus positif ini.

Berita Lainnya  Tambahan 4 Kasus Positif, 3 Diantaranya dari Klaster Gadungsari

Pihaknya akan berupaya menekan penyenaran virus tersebut dengan melakukan rapid tes. Sehingga mereka yang melakukan kontak tidak menularkannya kepada orang lain. Sebab selama ini Orang Tanpa Gejala (OTG) disebut bisa menularkan virus melalui bersin ataupun batuk.

“Persebaran virus ini karena droplet. Meski OTG mereka bisa menularkannya karena  batuk dan bersin tidak harus sakit. Keduanya merupakan mekanisme pertahanan tubuh ketika kemasukan benda asing seperti debu atau lainnya,” terang Dewi.

Selain adanya tambahan kasus positif, hari ini, dua orang masing-masing pria berusia 28 tahun dan 26 tahun warga Karangmojo telah dinyatakan sembuh. Total kasus sembuh di Gunungkidul menjadi 39 kasus.

“Dua kasus sembuh ini merupakan pasien dari klaster pedagang ikan Karangmojo,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler