fbpx
Connect with us

Peristiwa

Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Menuju Obyek Wisata Nglanggeran

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar.com)–Ruas jalan kabupaten di Padukuhan Nglanggeran Kulon (15/03), Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk tertimbun longsor Senin (08/02/2021). Akibatnya akses menuju obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran tertutup. Tak hanya tanah namun jalan berukuran sempit itu juga tertutup bongkahan batu yang cukup besar.

Kepala Badan Pelaksana Bencana Daerah, Edy Basuki mengatakan, sejumlah bencana alam yang terjadi sejak Senin (09/02/2021) kemarin diakibatkan oleh hujan deras mengguyur seluruh wilayah di Gunungkidul. Pun demikian dengan yang terjadi di Nglanggeran. Akibat curah hujan yang tinggi membuat tanah bercampur Batu besar andesit yang berada di Jalan Kali Pentung menuju Nglanggeran longsor.

“Jalan sampai pagi ini masih tertutup sehingga tidak bisa dilewati kendaraan,” ujar Edy, Selasa (09/02/2021).

Edy menambahkan, dalam peristiwa ini tak ada korban jiwa, karena saat longsor terjadi tidak ada pengguna jalan. Namun kerugian jika ditaksir mencapai Rp 20 juta.

“Untuk sementara jalur alternatif Kali Pentung tidak bisa dilintasi kendaraan terlebih dahulu,” papar Edy.

Saat ini, pihaknya bersama dengan aparat di Kapanewon Patuk tengah melakukan koordinasi untuk mengevakuasai bebatuan yang longsor ke bahu jalan tersebut. Untuk evakuasi sendiri Edy belum bisa memutuskan apakah dengan cara manual atau dengan alat berat.

Berita Lainnya  Investor Bangun Rumah Sakit Islam di Karangmojo

“Rencananya hari ini mulai evakuasi tapi masih kami perhitungkan keadaan sekitar cara evakuasinya nanti,” ungkap dia.

Terkait dengan intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini, Edy mengimbau masyarakat selalu waspada dengan adanya bencana. Dikatakan Edy, pohon tumbang masih mendominasi menjadi bencana yang paling sering terjadi di Gunungkidul.

“Kami imbau masyarakat yang memiliki pohon di sekitar rumah segera dipotong. Jika butuh bantuan BPBD silakan menghubungi kalurahan, biar nanti kalurahan yang mengajukan kepada kami,” pungkas Edy.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler