fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tangkal Penyebaran Berita Hoax, Pemkab Gunungkidul Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat

Diterbitkan

pada

BDG

Saptosari,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk mencegah berita-berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan atau hoax yang menyebar di masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adah dengan dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di seluruh kapanewon di Gunungkidul.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Setiyo Hartato mengatakan, pembentukan KIM di beberapa kapanewon telah diinisiasi sejak beberapa bulan lalu dan akan terus dikembangkan agar dapat diakses oleh masyarakat. Di Kapanewon Purwosari telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, kemudian menyusul di kapanewon lain dan pada Kamis (14/12/2023) kemarin KIM diluncurkan di Kapanewon Saptosari.

“Pembentukan KIM tidak hanya sebatas wadah untuk hal tertentu saja tapi bisa untuk mempromosikan potensi di daerah tersebut. Ada banyak hal yang bisa diakses untuk masyarakat,” papar Setiyo Hartato.

Berita Lainnya  Program Baru Pemkab Gunungkidul, Masyarakat Miskin Kini Bisa Akses Bantuan Hukum Gratis

Peluncuran KIM di Saptosari ini juga bersamaan dengan pemberian layanan akses internet gratis di taman baca Masyarakat. Dimana ada 6 titik yamg diberikan akses internet public sepwrti di Taman Saptosari; Kalurahan Ngloro dan Kanigoro.

“Untuk internet public ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) milik PT PLN Icon Plus,” sambung dia.

Bupati Gunungkidul, KIM diharapkan menjadi wadah peran serta anak muda di Kabupaten Gunungkidul dalam mengelola informasi serta diseminasi informasi serta penangkal hoax. Sebab hoax sangatlah meresahkan bagi masyarakat dan nantinya bisa memberikan dampak buruk.

“Dimana pemuda dapat berperan aktif dalam pembangunan. Pemuda jangan banyak diskusi tapi wajib menghasilkan karya yang bermanfaat,” papar Sunaryanta.

Berita Lainnya  Pasar Argosari Segera Dipasangi Fasilitas CCTV dan Internet

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler