fbpx
Connect with us

Sosial

Terjunkan Ratusan Personel, Polres Gunungkidul Bentuk Satgas Khusus Bencana

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Memasuki musim penghujan, wilayah Kabupaten Gunungkidul mulai diguyur hujan deras. Dalam beberapa waktu terkahir ini, puluhan kejadian bencana alam juga terus terjadi. Merespon hal itu, jajaran Polres Gunungkidul membentuk Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam. Satuan ini nantinya akan dimobilisasi untuk membantu masyarakat bilamana terjadi kebencanaan.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan memaparkan, satgas yang ia bentuk tersebut diisi oleh sebanyak 350 personel. Tak hanya dari jajaran Polres Gunungkidul, satuan tugas ini terdiri dari anggota Polres Gunungkidul dan Polsek. Pasukan khusus ini disiapkan untuk bersiaga penuh dan siap dimobilisasi ketika melakukan penanganan bilamana terjadi kebencanaan.

“Jadi jika ada bencana alam terjadi di wilayah tertentu di Gunungkidul, pertama yang menangani adalah personel dari Polsek yang ikut dalam satgas tersebut. Kemudian jika masih belum bisa mengatasi dari Polres akan membantu,” kata Agus usai gelar pasukan siap siaga bencana, Senin (06/01/2020).

Agus menambahkan, dalam selain menyiapkan personil, Polres Gunungkidul juga akan membekali Satgas tersebut dengan sarana prasarana seperti mesin pemotong, sekop hingga perahu karet. Peralatan tersebut saat ini telah dicek dan dipastikan berfungsi dengan baik.

Berita Lainnya  Serangan Landak Hancurkan Ladang Pertanian, Warga Berburu Hingga ke Goa-goa

“Mobil motor milik Polres juga kita cek, bilamana membutuhkan evakuasi warga kami siap,” beber dia.

Agus menyinggung terkait dengan potensi pohoh tumbang di wilayah Gunungkidul ini memang cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada pengguna jalan agar lebih waspada ketika melakukan perjalanan saat hujan tiba.

“Pohon tumbang seperti di Patuk, Wonosari juga ada personil kita siap untuk mengevakuasi, tapi pengguna jalan tentu juga harus berhati-hati,” terang Agus.

Lebih lanjut dikatakan, bila mana nantinya personel yang disiapkan ini tidak mencukupi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polda DIY. Nantinya dari Polda juga ada satuan khusus yang membantu penanganan kebencanaan di Gunungkidul.

Agus menambahkan, dalam kesempatan kali ini, pihaknya juga melakukan penanaman pohon di Mapolres Gunungkidul. Tak hanya itu, targetnya pada tahun 2020 ini akan ada ribuan pohon ditanam oleh pihak kepolisian.

Berita Lainnya  DED Sedang Dibuat, 2 Pasar Hewan Ini Segera Dilengkapi Tempat Sterilisasi

“Ada 1.500 pohon kita tanam di tahun 2020 ini, nanti kita salurkan melalui Polsek. Karena ketika kita mencintai alam nanti alam juga akan mencintai kita,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler