fbpx
Connect with us

Pendidikan

Terlalu Lama Sekolah Online, Dewan Nilai Kegiatan BDR Tidak Maksimal

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Masa Belajar dari Rumah (BDR) bagi para siswa-siswi sudah berjalan hampir satu tahun. Namun demikian hingga instriksi gubernur terkait dengan peroanjangan PPKM ke empat ini, pembelajaran tatap muka belum bisa dilakukan.

Anggota Komisi D, DPRD Gunungkidul, Ari Siswanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan penjaringan aspirasi bagi para orang tua atau wali murid berkaitan dengan pelaksanaan BDR. Hampir semua orang tua dan wali murid mengeluhkan pelaksanaan BDR.

“Mereka mengeluhkan bagaimana pendidikan di rumah, tidak bisa berjalan dengan baik, karena presepsi anak didik tidak sama,” ucap Ari, Selasa (23/02/2021).

Pihaknya juga sudah melakukan evaluasi dan monitorng kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul. Namun, adapun hasil evaluasi yang ia dapat sebagus apapun metode pembelajaran jarak jauh tetap tidak maksimal hasilnya.

“Awal Januari lalu kami juga sudah koordinasi dengan Disdikpora berkaitan dengan persiapan tatap muka karena sudah ada ketentuan dari Kemendikbud namun ternyata tidak jadi,” jelas Ari.

Ari menambahkan, dari hasil koordinasi sebetulnya semua sekolah sudah siap dalam protokol kesehatan. Pihaknya juga telah mengakomodir para orang tua siswa.

“Ya kalau dari 100% kemungkinan ada 10% yang tidak setuju dengan pembelajaran tatap muka,” imbuh Ari.

Namun, kembali lagi dengan aturan yang ada dimana pembelajaran tatap muka yang belum diperbolehkan, pihaknya mengaku kebijakan ini memang dilematis. Di sisi lain memang penanaman karakter siswa tidak bisa ditanamkan dengan metode pembelajaran jarak jauh tapi memang keadaan tidak memungkinkan.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Disdikpora Gunungkidul, Kisworo mengatakan, protokol kesehatan di semua sekolah sudah siap. Hanya saja pembelajaran jarak jauh belum bisa dilakukan karena pandemi.

“Apalagi ingub tentang PPPKM diperpanjang lagi, jadi kegiatan tatap muka memang tidak dimungkinkan,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler