fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Wacana KBM Tatap Muka Juli 2021, Disdikpora Pastikan Sarana Protokol Kesehatan di Sekolah Sudah Siap

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul memastikan 98% sekolah di Gunungkidul telah siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka di tengah pandemi. Hal ini menindaklanjuti wacana Mendikbud dimana pembelajaran tatap muka akan dimulai pada Juli 2021 ini.

Kepala Bidang SMP Disdikpora Gunungkidul, Kisworo mengatakan, jika dilihat jenjang pendidikan paling siap ialah SMP, SD baru PAUD. Hal ini berdasarkan pantauan sarana prasarana dan kesiapan guru pada survei sebelum Januari 2021 lalu.

“Kami sudah melakukan survei kesiapan per jenjang, dari 113 SMP ada 98% yang sudah siap,” kata Kisworo, Kamis (25/02/2021).

Kisworo mengatakan, untuk belajar tatap muka ini pihaknya sepenuhnya menunggu peraturan pusat. Menurutnya kebijakan ini satu komando.

“Tapi kalau skema pembelajarannya tetap sama dengan mekanisme pada wacana sebelumnya, misalnya saja skemanya 50% dari kapasitas kelas dan jumlah siswa, tidak ada jam istirahat,” papar Kisworo.

Kemudian, sesudah KBM, guru juga harus memastikan bahwa siswa langsung pulang. Adapun tempat duduk di kelas juga diberikan jarak.

“Intinya kalau teknis semua sudah paham, sudah dirinci sebelum Januari 2021,” imbuh dia.

Sementara itu anggota DPRD Gunungkidul, Ari Siswanto memamg lebih menghendaki pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan ketat. Ari mengaku, pihaknya sejauh ini telah menjaring aspirasi wali siswa dimana mereka sudah meminta anak-anak mereka kembali sekolah dengan tatap muka langsung.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan dinas, mereka sudah siap untuk menjalankan pembelajaran di tengah pandemi,” tandas Ari.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler