fbpx
Connect with us

Sosial

Tiga Ruas Jalan Jadi Sasaran Operasi Patuh Progo 2021 Polres Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Mulai tanggal 20 September 2021 kemarin Polres Gunungkidul menggelar Operasi Patuh Progo yang akan digelar selama 14 hari ke depan. Sejumlah ruas jalan utama akan menjadi target operasi jajaran kepolisian untuk menegakkan aturan lalu lintas serta kedisiplinan masyarakat. Tak hanya itu, dalam operasi kali ini, polisi juga melaksanakan penegakan aturan mengenai protokol kesehatan.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Grabianto Sakti mengungkapkan, Operasi Patuh Progo 2021 yang dilaksanakan oleh kepolisian ini nantinya akan menyasar sejumlah tempat dilakukan penertiban yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya klaster penularan covid19. Segala bentuk kegiatan yang sekiranya berpotensi menyebabkab penularan covid19 akan ditertibkan.

Kemudian operasi juga akan mendisiplinkan masyarakat yang tidak patuh dalam penerapan UU Lalu Lintas. Segala macam pelanggaran lalu lintas mulai dari komponen kendaraan yang tidak sesuai, hingga surat-surat berkendara yang tidak lengkap pihaknya akan melakukan tindakan edukasi hingga tindak tegas penilangan.

“Sasaran lain Operasi Patuh Progo 2021 diharapkan juga menurunkan jumlah kecelakaan dan kemacetan,” ucapnya, Selasa (21/09/2021).

Sementara itu KBO Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Risyanto mengungkapkan jika target operasi dalam Operasi Patuh 2021 ini adalah Jalan Jogja-Wonosari sekitar kawasan hutan Wanagama Bunder-Tleseh, Ledoksari, dan Bundaran Siyono. Ratusan personil Polres Gunungkidul akan dikerahkan dalam penertiban ini.

“Beberapa target operasi itu akan dipantau terus,” jelasnya.

Tiga jalur itu merupakan jalur yang cukup padat aktifitas lalu lintasnya sehingga perlu penanganan khusus. Selain hal tersebut juga rawan kecelakaan lalu lintas.

Pihaknya mengedepankan edukasi dan pencegahan terhadap masyarakat. Namun jika menyalahi aturan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

Selain jalur utama, di jalan menuju pantai selatan juga akan dilakukan pos penyekatan. Hal ini dilakukan agar tidak ada wisatawan masuk dalam penerapan PPKM level 3. Selama beberapa pekan terakhir, anggota Satlantas dan jajaran lainnya memang siaga di sejumlah titik jalur wisata untuk penyekatan.

“Jalur wisata juga diadakan penyekatan. Tapi itu tidak termasuk dalam Operasi Patuh Progo,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler