fbpx
Connect with us

Sosial

Tim SAR DIY Buka Rekruitmen Relawan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–SAR DIY Distrik Gunungkidul membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berniat untuk bergabung dalam tim SAR. Namun begitu, dalam rekruitmen kali ini, formasi yang ditawarkan adalah sebagai relawan suka rela. Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak awal Maret 2021 silam.

Tim pendaftaran SAR DIY Distrik Gunungkidul, Bintoro menuturkan, latar belakang dibukanya rekruitmen relawan tim SAR ini adalah masih kurangnya personel yang dimiliki oleh tim SAR DIY khususnya distrik Gunungkidul. Saat ini, jumlah anggota SAR DIY Distrik Gunungkidul hanyalah sekitar 40 orang. Jumlah ini tentunya tak sebanding jika dibandingkan dengan luas wilayah Gunungkidul. Apalagi, di Gunungkidul terdapat cukup banyak titik-titik rawan bencana.

“Jika terjadi bencana dalam kurun waktu bersamaan di lokasi yang terpisah cukup jauh, tentunya kita sangat kesulitan dalam membagi personel yang terbatas ini,” beber Bintoro, Senin (08/03/2021) siang.

Nantinya, relawan SAR ini kemudian akan dihubungi manakala sewaktu-waktu dibutuhkan bantuan saat terjadi bencana atau insiden lainnya yang membutuhkan banyak personel. Ditambahkannya, bahwa perekrutan kali ini memang hanya bersifat relawan. Di mana para warga yang mendaftar  akan berstatus sebagai relawan dan personel tetap SAR DIY.

“Yang harus dicatat, ini sifatnya relawan tanpa adanya insentif atau honor yang diterimakan kepada masyarakat. Kami buka pendaftaran untuk bergabung dari tanggal 1 Maret 2021 sampai dengan 21 Maret 2021 mendatang,” papar dia.

Bagi warga yang berminat, tidak ada persyaratan khusus untuk bergabung. Termasuk dalam hal pengalaman maupun kemampuan. Yang terpenting bagi pendaftar adalah sehat jasmani dan rohani, mempunyai jiwa relawan dan berdomisili di Gunungkidul.

“Bisa nanti mendaftar ke Posko SAR DIY di Pandansari 03/15 Kalurahan Wonosari, Kapanewon Wonosari,” tambahnya.

Dipaparkannya, ketugasan para relawan adalah bergerak cepat saat terjadi bencana ataupun kejadian lain yang sekiranya membutuhkan bantuan. Menurutnya, selama ini anggota SAR DIY Distrik Gunungkidul telah banyak bergerak dalam aksi sosial. Misalnya membantu pencarian orang hilang, evakuasi saat terjadi bencana maupun insiden kebencanaan lainnya.

“Harapannya, semakin banyak orang tergerak hatinya untuk ikut masuk menjadi anggota relawan. Yang diutamakan dari ini adalah aksi sosial,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler