fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kasus Aktif di Gunungkidul Tembus Ratusan, 10 Orang Pasien Covid19 Dirawat di Rumah Sakit

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Dinamika penularan covid19 di Gunungkidul terus meninggi. Dalam beberapa hari terakhir ini, terjadi penambahan drastis kasus aktif di Gunungkidul. Bahkan, jumlah kasus aktif di Gunungkidul sendiri telah menembus angka ratusan. Dari para pasien tersebut, terdapat hingga 10 orang yang harus menjalani perawatan di rumah sakit lantaran gejala yang terjadi.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengungkapkan, penambahan cukup signifikan telah terjadi sejak 3 hari terakhir ini. Total sejak Jumat (11/02/2022) hingga Minggu (13/02/2022) kemarin terdapat 114 warga Gunungkidul yang terkonfirmasi positif. Ia beberkan lebih lanjut, pada Jumat terdapat penambahan sebanyak 24 kasus baru. Kemudian pada Sabtu, ada 21 warga Gunungkidul yang dinyatakan terkonfirmasi positif. Sementara pada Minggu kemarin, terdapat 47 orang yang dinyatakan positif.

Berita Lainnya  Polres Gunungkidul Musnahkan Ribuan Botol Miras, Bupati Minta Operasi Rutin Digelar

“Ada cukup banyak antrian sampel yang menumpuk di lab,” ujar Dewi Irawaty, Senin (14/02/2022).

Penambahan pada hari Minggu kemarin sendiri merupakan yang terbanyak sejak beberapa bulan terakhir ini. Penambahan ini tak lepas dari munculnya klaster keluarga di Kapanewon Playen. Khusus untuk Kapanewon Playen sendiri, pada hari Minggu kemarin terdapat penambahan sebanyak 10 pasien.

Adapun klaster keluarga sendiri dipicu adanya salah satu anggota keluarga yang bekerja di Jogja. Kemudian anggota keluarga yang mengalami gejala kemudian dinyatakan positif. Penularan pun berkembang lantaran saat dilakukan tracing, terdapat sementara 10 orang anggota keluarga maupun kerabat yang positif.

“Tracing untuk klaster keluarga ini masih terus kita lakukan,” urai dia.

Berdasarkan data terakhir, total jumlah kasus aktif di Gunungkidul sendiri telah mencapai 123 kasus. Saat ini, jumlah penularan terbanyak ada di Kapenewon Playen dengan 32 kasus, kemudian Wonosari dengan 28 kasus dan Karangmojo dengan 22 kasus.

Berita Lainnya  Antisipasi Masuknya Virus Corona, Pemerintah Siagakan Tenaga Medis dan Siapkan 2 RS Rujukan

Dilanjutkan Dewi, dari jumlah kasus aktif tersebut, ada 10 orang pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit. Sebanyak 8 orang dirawat di RSUD Wonosari dan 2 orang dirawat di RS Panti Rahayu.

“Untuk BOR di Gunungkidul sendiri masih sangat mencukupi. Sebagian besar pasien positif menjalani isolasi mandiri di rumah,” lanjutnya.

Atas dinamika yang menaik ini, Dewi menghimbau kepada masyarakat agar semakin meningkatkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-sehari. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini, banyak masyarakat Gunungkidul yang telah abai dalam menjalankan protokol kesehatan ini.

“Satu-satunya cara untuk menghindari penularan adalah penerapan protokol kesehatan. Jaga jarak dan selalu memakai masker,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler