fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Masih banyak yang belum mengerti bahwa kandungan kalsium dapat ditemukan pada beberapa makanan yang sebenarnya tidak sulit untuk diperoleh. Kandungan kalsium tertinggi dapat ditemukan pada susu. Karenanya susu disebut sebagai penyempurna gizi seimbang.  Disadari atau tidak, buah dan sayur selain mengandung serat yang tinggi, keduanya juga memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu kebutuhan tubuh kita. Akan tetapi kandungan kalsium dalam buah dan sayur memang tidak sebesar susu. Buah juga mengandung kalsium, lho, tapi dalam jumlah sedikit. Selain enak, buah bisa jadi menu makanan favorit keluarga. Karena berbagai rasa dihasilkan oleh kandungan di dalam buah. Mau tahu buah apa saja yang kaya akan kalsium nan baik untuk tulang? Berikut ringkasannya!

Jeruk

Jeruk adalah buah yang sangat mudah kita jumpai. Banyak sekali jenis jeruk yang dijual di pasaran. Selain kandungan vitamin Cnya yang sangat tinggi, ternyata jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu sebesar 60 mg.

Pisang

Pisang merupakan buah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya anak kecil sangat menyukai buah ini dan berguna sebagai makanan untuk anak diare, karna tekstur dagingnya yang lembut dan membuat anak kecil mudah mencerna buah ini. Hampir disetiap bagian Indonesia terdapat buah pisang. Buah pisang ternyata memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu kita memenuhi kebutuhan tubuh.

Berita Lainnya  Tujuh Makanan Khas Paskah Dari Berbagai Negara

Apel merah

Buah apel sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, dan telah banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di daerah Pemalang Jawa Timur. Buah apel 100 gram mengandung kalori sebanyak 58 kalori, yang cocok sebagai makanan untuk diet serta kalsium sebanyak 6 mg. Buah apel merah juga bermanfaat untuk sistem pencernaan, mencegah diabetes, menjaga kesehatan gigi, dan buah apel merah kaya akan antioksidan.

Strawberry

Buah strawberry biasanya dikenal dengan buah arbai. Buah ini memiliki rasa asam manis dan biasanya buah ini tumbuh di daerah tinggi yang memiliki udara sejuk seprtu di daerah puncak dan Bandung. Strawberry merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Selain itu, dalam 160 gram strawberry mengandung kalsium yang cukup tinggi yaitu sebesar 23.24 mg.

Berita Lainnya  Enam Minuman Penghilang Jerawat di Wajah

Jambu biji

Jambu biji biasa disebut jambu klutuk atau jambu batu. Jambu biji memiliki nama latin Psidium guajava. Jambu biji merupakan buah tropis yang berasal dari Brazil dan akhirnya dikembangbiakan di Indonesia. Dalam 100 gram buah jambu biji memiliki banyak kandungan, yaitu Vitamin A sebanyak 25 SI, Vitamin B1 sebanyak 0,02 mg, Vitamin C sebanyak 87 mg, serta Kalsium sebanyak 14 mg.

Pepaya

Pepaya dalam bahasa latin disebut Carica papaya dan tergolong dalam famili Caricaceae. Buah pepaya berasal dari kota meksiko yang biasanya tumbuh di pekarang rumah. Salah satu manfaat dari buah pepaya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat menghindari diri dari kesulitan buang air besar. Selain itu pepaya juga mempunyai kandungan kalsium sebanyak 20 mg.

Alpukat

Alpukat merupakan buah tropis dengan tekstur dagingnya yang lembut. Kandungan yang terdapat dalam 100 gram alpukat,yaitu Protein (0,90 Gram), Kalori (85,00 Kal), Lemak (6, 50 Gram), Zat Besi (0,90 Mg) dan merupakan buah yang mengandung kalsium sebesar 10,00 Mg.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler