fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Cara Tepat Menyimpan Sepatu Agar Tampilannya Awet

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Tiap sepatu terbuat dari bahan dan model yang berbeda-beda. Karena itulah, cara perawatan dan penyimpanan sepatu juga punya masing-masing ketentuan. Apalagi terkadang kita suka asal-asalan dalam menyimpan sepatu, padahal langkah ini menjadi penentu apakah sepatumu bakalan awet atau mudah rusak. Yuk, segera lihat tips penyimpanan sepatu yang benar di sini.

Selalu Bersihkan Sepatu Sebelum Menyimpannya

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum menyimpan sepatu adalah kebersihannya. Menyimpan sepatu dalam keadaan kotor akan membuat sepatu cepat rusak. Selalu sempatkan diri untuk membersihkan sepatu setelah dipakai, meskipun kamu akan menggunakannya kembali besok. Bersihkan debu yang menempel pada bagian luar sepatu dan telapak. Jika sepatu basah, sebaiknya keringkan terlebih dulu pada suhu ruangan. Setelah sepatu bersih, kamu dapat menyimpannya di dalam kotak ataupun rak sepatu.

Hindari Menumpuk Sepatu Tanpa Menggunakan Kotak

Jika kamu menggunakan rak sepatu, pastikan kamu tidak menumpuk sepatu secara asal. Menumpuk sepatu akan membuat tekstur sepatu mudah rusak, terutama sepatu dengan bahan yang lembut. Jika rak sepatu sudah penuh, jangan memaksa untuk menumpuk sepatu, ya. Kamu bisa menggunakan kotak atau kardus untuk menyimpan sepatu yang tidak muat disimpan di rak.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Mengolah Jamur Enoki

Menyimpan Sepatu Di Dalam Kotak dan Menjaga Kelembabannya

Salah satu cara terbaik untuk menyimpan sepatu adalah tetap menyimpannya di dalam kotak. Agar sepatu tidak berjamur dan kelembabannya tetap terjaga, pastikan kamu menyimpan silica gel di dalam kotak sepatu. Untuk memudahkan ketika memilih sepatu, kamu dapat menandai setiap kotak dengan foto ataupun tulisan. Kamu pun dapat menumpuk kotak sepatu sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, susun kotak sepatu untuk acara formal, sepatu kasual dan sepatu sehari-hari pada tumpukan yang berbeda.

Isi Sepatu Dengan Kertas Atau Pengganjal

Kamu pasti memiliki sepatu yang cukup jarang digunakan, seperti sepatu untuk digunakan ke acara formal ataupun berlibur ke tempat bersuhu dingin. Agar sepatu-sepatu ini tetap terjaga bentuknya, kamu dapat memasukan ganjalan kertas pada bagian dalam sepatu. Hal ini dapat mempertahankan bentuk sepatu dan menghindari hewan kecil bersarang dalam sepatumu. Hindari kertas yang mengandung asam untuk mengganjal sepatu. Jika ingin lebih aman, kamu dapat menggunakan ganjalan khusus atau shoe tree untuk dimasukkan ke bagian dalam sepatu.

Simpan Sepatu Pada Suhu Ruangan

Berita Lainnya  Enam Manfaat Daun Jambu Biji

Kondisi sepatu akan tetap terjaga jika kamu menyimpannya di tempat dengan suhu ruangan yang stabil. Dengan begini, sepatu tidak akan cepat lembab dan beraroma kurang sedap. Di samping itu, jangan lupa untuk menyimpan sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari akan membuat warna sepatu cepat memudar. Sekalipun disimpan di dalam kotak, tetap simpan kotak-kotak sepatumu di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Hindari Membungkus Sepatu Dengan Plastik

Plastik bukanlah pilihan terbaik untuk penyimpanan sepatu jangka panjang. Bahan plastik yang cenderung rapat akan membuat sepatu lembab plus berjamur. Untuk itu, hindari membungkus sepatumu dengan plastik. Meskipun demikian, kamu dapat menggunakan plastik jika perlu membawa sepatu untuk bepergian.

Berita Lainnya  Resep Spaghetti Aglio E Olio

Bersihkan Sepatu Secara Rutin

Menyimpan sepatu dengan baik saja tidak cukup, kamu tetap perlu merawatnya agar umur sepatu tetap panjang. Untuk sepatu kulit, pastikan untuk menyemirnya secara rutin. Kamu dapat menyesuaikan cara membersihkan sepatu sesuai dengan bahan untuk menjaganya agar tetap awet.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler