fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Jenis Batu Taman Untuk Hunian

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Ada satu elemen penting yang tidak boleh dilewatkan untuk mempercantik taman. Apa lagi kalau bukan batu taman yang banyak pilihannya. Mulai dari jenis, ukuran, dan style, banyak sekali cara memanfaatkan batu taman supaya hunian terlihat lebih estetik dan hidup. Yuk, lihat lansiran dari dekoruma batu taman mana yang paling cocok untuk hunianmu!

Batu Kerikil Kacang

Sesuai namanya, batu taman ini berukuran kecil seperti biji kacang. Batu yang cantik ini biasanya bertekstur halus karena digerus aliran air. Umumnya, batu taman kerikil kacang diambil dari pinggiran sungai atau kali dalam beraneka warna. Penggunaan batu ini boleh dicampur dengan semen untuk dijadikan jalan setapak. Harganya juga cukup terjangkau.

Batu Kali

Sama halnya dengan batu kerikil kacang, batu taman ini juga berasal dari perairan sungai atau kali. Sudah diperhalus oleh aliran air alam, batu kerikil kali biasanya lebih besar ukurannya dengan bentuk lonjong dan beraneka ragam. Digunakan sebagai batu taman, jenis ini cukup awet sehingga tidak mudah rusak. Padukan saja batu ini dengan air mancur atau elemen air lainnya.

Batu Alam Flagstone

Mau taman tampil mewah dan luks? Coba gunakan batu taman yang berasal dari batu alam, yaitu flagstone. Batu taman ini terbentuk dari batuan sedimen atau endapan lapisan batuan dengan tekanan dan suhu rendah yang mengeras. Dengan sentuhan tropis, jenis batu ini juga efektif menyerap air sehingga cocok dijadikan jalan setapak. Pilih saja ukuran yang diinginkan dan cocokkan dengan instalasi sebagai batu taman.

Batu Granit

Pertimbangan batu alam lain yang boleh dijajaki sebagai batu taman adalah batu granit. Sama-sama terbentuk dari proses alam berupa batuan beku yang bercampur, bahan ini sering hadir dalam bentuk keramik untuk interior. Akan tetapi, batu granit juga bisa hadir sebagai batu taman, baik dalam bentuk keramik jalan ataupun pecahan batu granit.

Batu Candi

Saat mendengar kata batu candi, yang terpikir di benakmu pasti batu yang membentuk dinding candi. Disebut juga batu andesit, batu candi bisa digunakan sebagai batu taman yang indah. Memiliki motif bintik hitam yang halus dan juga bisa menyerap air, batu taman ini dibentuk dari proses pendinginan lava. Jika ingin menghadirkan batu taman ini, gunakan saja sebagai bagian dari dinding atau jalan taman.

Batu Koral

Ada lagi batu taman yang hampir mirip dengan batu kerikil kacang, yaitu batu koral. Jenis batu taman ini juga merupakan batu alam yang sering digunakan sebagai dekorasi rumah. Batu koral cocok juga digunakan pada bagian kolam rumah. Seringkali, batu koral hadir dengan warna-warni indah, seperti hitam, putih, hingga multi warna. Dibandingkan dengan batu taman kerikil, batu koral biasanya lebih rapuh.

Batu Split

Batu belah atau batu split punya tekstur yang kasar dan unik karena telah menjalani proses pemecahan dari batu alam berukuran besar. Alhasil, lempengannya bisa disusun secara kreatif sebagai batu taman. Karena memiliki warna, bentuk, serta ukuran yang berbeda, batu split bisa dijadikan batu taman dalam berbagai gaya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler