fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Jenis Ikan Cupang Cantik yang Bisa Dipelihara

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Ikan cupang atau betta fish kini masih menjadi primadona di kalangan penggemar ikan karena kecantikan bentuk siripnya yang lebar dengan warna yang cantik. Meski bentuknya banyak serupa, namun jenis ikan cupang ternyata cukup beragam, dilihat dari warna, bentuk ekor, ukuran, dan sebagainya. Berikut tujuh jenis ikan cupang cantik yang bisa Anda pelihara di rumah dilansir dari cnnindonesia.

Veil Tail

Jenis ikan cupang yang pertama adalah Veil Tail yang paling umum ditemukan di toko-toko ikan. Meski begitu, siripnya yang menjuntai saat berenang memancarkan pesona tersendiri bagi para pegiat dan kolektor ikan cupang.

Delta Tail

Jenis ikan cupang cantik yang bisa dipelihara selama pandemi ini adalah jenis Delta Tail. Seperti namanya, bentuk ekornya mirip huruf ‘D’ seperti nama depannya. Ekor dan siripnya mengembang saat berenang.

Ekor Mahkota

Jenis ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan cupang tercantik di dunia. Ikan cupang ekor mahkota memiliki sedikit selaput di antara sinar panjang di sirip dan ekornya, yang seolah terlihat seperti ditutupi paku. Nama lain dari ekor mahkota ialah punk rocker atau bisa juga disebut crown tail betta.

Rose Tail

Ikan cupang Rose Tail memiliki percabangan warna yang berlebih pada sirip dan ekornya, sehingga ekornya tampak seperti kelopak bunga mawar. Jenis ikan cupang ini biasanya mempunyai pola ekor warna-warni dan seringkali memberikan efek ombre pada ekornya. Saat berenang di dalam ‘rumahnya’, ia tampak seperti bunga yang sedang mengambang di dalam air.

Bulan Sabit

Ikan cupang Bulan Sabit atau Half Moon juga salah satu ikan tercantik di dunia. Ekornya mirip Rose Tail dan memiliki bentuk ekor seperti Delta Tail. Dinamakan ikan cupang Bulan Sabit karena memang bentuk lengkungan ekornya seperti Bulan sabit.

Comb Tail

Jenis ikan cupang cantik yang dapat dipelihara di masa pandemi lainnya adalah ikan cupang Comb Tail. Ini merupakan jenis ikan cupang yang tidak dapat ditemukan di alam liar karena merupakan hasil dari pembiakan yang selektif.

Double Tail

Ikan cupang Ekor Ganda atau double tail betta merupakan jenis ikan yang paling unik. Sebab, ikan jenis ini dikembangbiakkan dengan sifat genetik khusus yang menyebabkan ekornya tumbuh dalam dua lobus. Tumbuh dalam dua lobus artinya ikan ini tumbuh dengan dua ekor. Oleh sebab itu, ia memiliki tubuh yang lebih kecil dari ikan cupang kebanyakan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler