fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Jenis Tanaman Monstera

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Alasan utamanya karena tanaman monstera atau lebih dikenal dengan janda bolong memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang terletak pada bagian daunnya. Maka dari itu, tak heran kalau monstera dijadikan tanaman hias, apalagi monstera juga bisa hidup di dalam ruangan. Selama ini, Anda mungkin mengira bahwa jenis monstera hanya satu, dilansir dari dekoruma, sebenarnya tanaman hias ini ada banyak jenisnya, lho! Penasaran ada apa saja? Yuk, simak!

Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa merupakan jenis monstera yang paling sering kita jumpai, di mana permukaan daunnya berlubang dan menjari di bagian pinggirnya. Tak lupa, ukuran daun yang besar dan hampir menyerupai bentuk hati juga menjadi ciri khas dari jenis tanaman hias monstera ini. Sama seperti daun pada tumbuhan lainnya, warna daun dari jenis monstera deliciosa ini adalah hijau. Hanya saja, pada monstera yang umurnya lebih tua, warnanya juga akan lebih gelap.

Monstera Adansonii

Tidak seperti monstera deliciosa, lubang-lubang pada daun monstera adansonii ini hanya di bagian permukaan tengahnya saja. Jadi, tidak sampai sobek yang membentuk jari-jari di pinggir daun. Ukuran daun monstera ini pun lebih kecil dengan warna hijau tua dan muda yang bergradasi sehingga terlihat sangat menawan. Dalam pertumbuhannya, batang tanaman monstera adansonii ini tidak terlalu kaku sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman gantung yang menjuntai. Selain itu, jenis monstera ini juga dapat tumbuh merambat.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Bunga Sakura Bagi Kulit Wajah

Monstera Borsigiana

Anda ingin menanam monstera yang ukurannya tidak terlalu besar? Kalau begitu jenis monstera borsigiana ini bisa jadi pilihan yang tepat. Bentuk dan model permukaan daunnya sangat mirip dengan monstera deliciosa. Hanya saja, ukuran daun jenis monstera borsigiana lebih kecil dan lubang-lubangnya lebih berjarak sehingga terlihat simpel. Karena ukurannya yang kecil, batang tanaman monstera jenis ini cenderung lebih lunak sehingga monstera ini akan tumbuh menjuntai. Dengan demikian, Anda pun bisa menghiasi teras atau balkon rumah dengan menggantungkan monstera borsigiana yang cantik ini.

Monstera Obliqua

Jenis monstera obliqua merupakan salah satu jenis yang paling sulit ditemui karena keberadaannya cukup langka. Ciri-ciri jenis monstera ini adalah memiliki ukuran daun yang kecil dengan motif lubang besar di permukaannya. Selain itu, helai daun monstera obliqua juga lebih tipis dibandingkan jenis lainnya. Berkat ukurannya yang mungil, Anda bisa meletakkan tanaman hias monstera ini di atas meja konsul atau meja ruang tamu. Namun, sebaiknya Anda tidak meletakkan barang-barang lain di sekitar jenis monstera ini karena daunnya yang tipis membuatnya lebih mudah sobek saat terkena sesuatu.

Monstera Variegata

Pernah melihat jenis monstera yang satu ini? Mungkin kebanyakan dari Anda baru pertama kali melihatnya saat ini karena memang jenis monstera variegata jarang dijual di pasaran. Kalau pun ada, harganya lebih mahal lagi dibandingkan jenis monstera yang umum ditemukan. Jenis monstera yang ini terlihat sangat unik karena daunnya terdiri dari warna hijau dan putih kekuningan yang tidak beraturan dan tidak sama antara helai dain yang satu dengan yang lainnya. Untuk ukurannya, cenderung lebih kecil dibandingkan monstera deliciosa. Keunikan inilah yang menjadikan jenis monstera variegata dipatok dengan harga yang tinggi.

Berita Lainnya  Delapan Manfaat Keju Untuk Si Kecil

Monstera Dubia

Berbeda dari jenis-jenis yang sebelumnya, helai daun dari jenis monstera dubia tidak berlubang, melainkan tetap utuh seperti daun tanaman pada umumnya. Ukuran daun monstera ini pun lebih kecil dengan bentuk yang cenderung bundar dan mengerucut pada salah satu ujungnya. Meskipun tidak berlubang, tapi jenis monstera ini tetap unik karena memiliki tulang daun yang sangat nampak di permukaannya sehingga menciptakan motif alami yang indah. Selain itu, perpaduan warna hijau dan putih dari jenis monstera dubia ini membuat kehadirannya tak perlu diragukan lagi sebagai tanaman hias.

Monstera Siltepecana

Ciri-ciri dari jenis monstera yang terakhir ini sebenarnya hampir sama dengan monstera dubia. Hanya saja, kalau bentuk daun monstera dubia bundar mengerucut, bentuk jenis monstera siltepecana lebih memanjang sehingga menyerupai oval yang ujungnya mengerucut.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler