fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Puasa Bagi Penderita Maag

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Memiliki riwayat sakit maag memang cukup memutar otak jika Anda harus berpuasa. Namun tahukah Anda, jika salah satu penyebab sakit maag adalah pola makan yang nggak teratur. Meski selama berpuasa Ramadhan Anda hanya bisa makan saat sahur dan berbuka setelah bedug, namun nyatanya berpuasa bisa mengatasi sakit maag, tentunya dengan memperhatikan kandungan makan sahur dan berbukanya. Yuk simak tipsnya berikut ini!

Sahur Dengan Kandungan Serat Dan Karbohidrat Yang Baik

Almond, buah pisang, oatmeal, kentang dan gandum utuh merupakan beberapa contoh makanan dengan kandungan serta yang tinggi yang bagus dikonsumsi untuk makan sahur. Selain itu juga, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah Kurma saat waktu puasa, baik saat makan sahur dan waktu berbuka. Manfaat Kurma dipercaya bisa mempertahankan rasa lapar lebih lama, oleh karena itu sangat baik untuk para penderita sakit maag yang ingin berpuasa sebulan penuh tanpa terganggu dengan sakit maag yang kambuh

Hindari Makan Pedas

Salah satu penyebab sakit maag adalah karena mengkonsumsi makan pedas. Selama Ramadhan, usahakan untuk menghindari makanan pedas, baik untuk makan sahur maupun berbuka. Makanan pedas dan juga kandungan lada serta merica yang banyak ini bisa membuat perut iritasi dan juga menurunkan fungsi dinding lambung yang tentunya berbahaya untuk penderita sakit maag kronis.

Hindari Kopi

Kopi adalah salah satu pantangan bagi penderita sakit maag kronis yang ingin berpuasa. Walaupun Anda sudah terbiasa mengkonsumsi kopi setiap hari, namun usahakan untuk tidak minum kopi setelah makan sahur. Mengkonsumsi kopi selama hari biasa aja udah bisa mengundang sakit maag kambuh, apalagi saat puasa Ramadhan, hal tersebut bisa mengundang asam lambung meningkat dan mengganggu ibadah puasa Ramadhanmu. Selain kopi, teh dan soda pun juga sangat dianjurkan untuk dijauhi selama bulan Ramadhan karena bisa meningkatkan kinerja asam lambung.

Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Gas

Sayuran memang kandungan yang penting untuk setiap santapan. Namun, untuk penderita sakit maag, terlebih lagis sakit maag kronis, kandungan sayuran yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Hindari sayuran yang memiliki gandungan gas tinggi seperti sawi dan kol yang bisa meningkatkan asam lambung dan membuat sakit maag kambuh. Selain sawi dan kol, nangka dan pisang ambon juga usahakan untuk dihindari.

Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Penderita sakit maag harus sangat memperhatikan kandungan makanan yang dicernanya agar tidak memperlambat kerja lambung. Keju, gorengan, kue kering dan juga cokelat bisa memperlambat aktivitas pengosongan lambung yang akhirnya bisa meningkatkan produksi asam lambung. Karena Anda akan menjalankan puasa Ramadhan dan nggak bisa mengkonsumsi obat maag setiap kali perut terasa sakit di siang hari, usahakan untuk menghindari jenis makanan tersebut selama sebulan ini agar tetap bisa lancar berpuasa.

Minum Obat Maag Setelah Makan Sahur

Bagi penderita sakit maag kronis, untuk menghindari kambuhnya sakit maag saat berpuasa, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat maag setelah makan sahur. Pastikan juga Anda udah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter terpercaya untuk memastikan obat maag tercocok yang bisa Anda konsumsi selama berpuasa.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler