fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tujuh Khasiat Bayam Merah untuk Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Bayam adalah tumbuhan yang berasal dari keluarga Amaranthaceae. Terdapat berbagai jenis bayam seperti bayam hijau, bayam merah, bayam putih, bayam duri, bayam tanah, dll. Bayam merah termasuk salah satu jenis bayam dengan nutrisi tinggi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat India, Afrika, dan Amerika Tengah. Bayam merah juga merupakan sumber asam folat, vitamin K, fosfor, tiamin, magnesium, dan antioksidan. Berbagai kandungan bayam merah ini tentu baik untuk dikonsumsi untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

Semakin cerah warna sayurannya, maka semakin menyehatkan. Tidak hanya dikonsumsi dalam olahan biasa seperti sayur bening, tumisan, salad, atau lalapan, bayam merah juga digunakan sebagai obat alami oleh masyarakat Afrika tradisional. Berbagai kandungan nutrisi bayam merah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Ketahui apa saja manfaat bayam merah, berikut ini:

Mengontrol Berat Badan

Bayam merah adalah sumber serat alami yang kuat untuk melancarkan sistem pencernaan serta mengontrol rasa lapar. Selain itu, bayam merah juga mengandung protein yang tinggi. Protein di sini berperan untuk mengurangi kadar insulin dalam darah dan melepaskan hormon-hormon tertentu untuk menahan rasa lapar Anda. Selain itu, diet seimbang sayur dan buah sangat baik untuk mengontrol berat badan tubuh. Sayuran seperti bayam merah rendah kalori, rendah lemak, dan mengandung lebih banyak energi. Jadi, Anda dapat menjadikan bayam merah sebagai menu diet sehat Anda dalam berbagai olahan yang nikmat.

2.Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sangat penting untuk memaksimalkan fungsi organ, termasuk untuk menjaga kesehatan mata. Berbagai kombinasi vitamin dalam bayam merah membantu memperkuat saraf optik dan meningkatkan kesehatan visual. Konsumsi bayam merah juga sangat dianjurkan untuk orang tua yang mengalami masalah kesehatan mata terkait usia. Selain bayam, Anda juga disarankan konsumsi kale, salmon, tuna, jeruk, sumber protein bukan daging, dan sebagainya untuk kesehatan mata Anda.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bayam merah mengandung serat yang tinggi. Dalam porsi yang seimbang, manfaat serat adalah untuk mengatur pergerakan usus sehingga pencernaan jadi lancar. Khasiat bayam merah juga dapat mencegah sembelit, melunakan tinja yang keras, dan melancarkan buang air besar. Anda disarankan untuk makan batang bayam juga untuk manfaat kesehatan yang maksimal. Walaupun demikian, jangan mengonsumsi bayam merah terlalu banyak dan cepat karena terlalu banyak serat dapat menyebabkan Anda sakit perut.

Mencegah Gangguan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah, membuang limbah tubuh, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Anda berisiko lebih besar untuk terkena penyakit ginjal jika memiliki riwayat penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi. Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan konsumsi sayuran seperti bayam merah. Bayam merah juga dapat meningkatkan fungsi ginjal dan membersihkan darah pada wanita pasca melahirkan. Makanan lain yang bagus untuk ginjal adalah kembang kol, bawang bombay, bawang putih, apel, putih telur, anggur, ikan, minyak zaitun, dan beberapa jenis buah beri lainnya.

Mengatasi Disentri

Disentri adalah salah satu gangguan perut karena infeksi atau peradangan pada usus akibat bakteri atau amoeba. Gejala disentri dapat berupa gejala ringan hingga berat seperti sakit perut, keram perut, mual, muntah, demam. Salah cara mengatasi disentri dengan cara tradisional adalah dengan ramuan herbal bayam merah atau mengonsumsinya dengan olahan lain. Bayam merah mengandung serat dan antosianin untuk mengatasi bakteri penyebab disentri.

Mengatasi Demam

Bila Anda sedang demam, semangkung sayur bayam merah dapat membantu memulihkan kondisi Anda. Berbagai kombinasi nutrisi dan vitamin penting di bayam merah dapat meningkatkan sistem imun tubuh secara alami. Sistem imun yang kuat dapat melawan virus penyebab demam hingga kondisi Anda pulih kembali. Khasiat bayam merah juga untuk menambah energi Anda.

Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang bertugas untuk mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh agar organ-organ tersebut dapat bekerja normal. Akibatnya, Anda akan merasakan gejala anemia seperti lemah, letih, dan lesu. Pada kondisi anemia ringan dan bersifat sementara, Anda dapat mengatasinya dengan konsumsi sayur, buah, dan cukup minum air putih. Konsumsi makanan yang tinggi zat besi dan asam folat seperti bayam merah, hati, makanan laut, dan sayuran berdaun hijau.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler