fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Buah ciplukan dulunya sering dinilai sebelah mata dan dianggap tanaman pengganggu. Lain halnya dengan sekarang, buah ciplukan mulai dijual dengan harga yang cukup tinggi karena khasiatnya mulai terkuak. Ternyata buah yang rasanya asam manis ini memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa, lho! Yuk, simak ulasan mengenai ragam manfaat buah ciplukan dilansir dari dekoruma.

Tingkatkan Imunitas

Daya tahan tubuh yang kuat harus selalu dijaga, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini. Mengandung vitamin C yang tinggi, buah ciplukan mampu merangsang produksi sel darah putih sehingga sistem imunitas dapat meningkat.

Turunkan Kolesterol

Di dalam buah ciplukan terdapat kandungan linoleat dan asam oleat. Kedua senyawa ini terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu. Tidak hanya itu, kombinasi kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga buah ciplukan akan sangat berperan untuk menghindarkan Anda dari berbagai masalah kadar kolesterol yang tidak normal.

Cegah Penyakit Jantung

Berkat khasiat tanaman buah ciplukan yang efektif menurunkan kolesterol, pembentukan plak yang menghalangi aliran darah dari dan ke jantung pun bisa dihindari. Anda pun bisa meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner yang terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah arteri ke jantung karena tumpukan lemak dan kolesterol dengan mengonsumsi buah ciplukan.

Normalkan Gula Darah

Manfaat lain dari buah ciplukan yang tidak boleh dipandang remeh adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Buah ciplukan memiliki kombinasi beberapa senyawa yang bisa memperlambat pemecahan dan penyerapan karbohidrat atau gula dalam tubuh. Alhasil, fungsi insulin menjadi leih ringan dan tingkat kadar gula darah lebih bisa dikontrol.

Jaga Hati dan Ginjal

Semakin banyak racun yang masuk ke tubuh Anda, semakin berat pula kerja organ hati maupun ginjal. Namun, Anda bisa meringankan kerja kedua organ ini dengan mengonsumsi buah ciplukan. Buah ciplukan dinilai bisa menyingkirkan kelebihan garam, lemak, dan racun dari sistem tubuh sehingga hati dan ginjal tidak bekerja terlalu berat. Dengan demikian, kesehatan kedua organ penting ini dapat lebih dijaga.

Pelihara Kesehatan Mata

Anda bisa memberikan buah ciplukan kepada orang tuamu untuk mengurangi risiko timbulnya katarak maupun masalah penglihatan lain yang timbul karena faktor usia. Hal ini karena buah ciplukan mengandung karotenoid yang tinggi sehingga dapat mengurangi stres oksidatif dan membuat fungsi penglihatan pada mata lebih terpelihara.

Alternatif Obat Kanker

Dalam buah ciplukan terdapat kandungan senyawa yang berjenis withanolides. Mungkin, Anda masih jarang mendengarnya, ya? Singkat cerita, senyawa ini mampu merangsang terjadinya kematian sel yang tidak diinginkan di tubuh, salah satunya sel kanker. Oleh karena itu, buah ciplukan pun kerap direkomendasikan sebagai alternatif obat kanker.

Obat Herbal untuk Tuberkulosis

Ekstrak buah ciplukan ternyata mampu menghambat pertumbuhan mycobacterium tuberculosis. Karena alasan inilah, buah ciplukan punya peluang besar menjadi obat herbal untuk penyakit tersebut. Meski demikian, penelitian mengenai buah ciplukan untuk obat herbal tuberkulosis sampai saat ini masih terus dilakukan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler