fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Buah Parijoto

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Buah parijoto adalah buah yang berukuran kecil dan berbentuk bulat hingga lonjong, tumbuh berkelompok besar pada batang bersudut, tebal, dan berserat. Kulit buahnya kencang, halus, dan matang dari merah jambu menjadi merah-ungu cerah saat matang dan batangnya juga berwarna merah-merah jambu cerah. Selain buahnya, daunnya berbentuk lanset, dengan diameter rata-rata lima belas sentimeter, dan berwarna hijau tua dengan tekstur kasar dan urat menonjol. Buah parijoto ini memiliki rasa yang renyah, lembut, dan sedikit asam dengan rasa buah yang manis dan asam. Ada juga manfaat buah parijoto untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah parijoto? Ini dia lansirannya.

Meningkatkan Kesuburan

Dilansir dari dilansir dari penelitian Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto yang diterbitkan oleh American Institute of Physics, tanaman dengan nama latin Medinilla Speciosa ini diyakini dapat meningkatkan kesuburan. Dengan kata lain, manfaat buah parijoto ini dapat digunakan untuk memberi kesuburan dan membantu ibu yang sulit hamil untuk memiliki anak. Dari hasil penelitian lain, buah parijoto memiliki antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin, yang dapat menangkal efek berbahaya dari radikal bebas bagi tubuh. Buah parijoto sangat baik untuk peningkatan nutrisi bagi wanita yang sedang hamil.

Mengobati Sariawan

Selain berguna untuk memberikan kesuburan pada wanita yang sulit untuk hamil, manfaat buah parijoto ini juga bisa membantu mengobati sariawan di mulut.

Cara menggunakannya:

  • Ambil buah parijoto segar sebanyak 4 atau 6 gram, sebelum dicuci.
  • Lalu ditumbuk halus dan larutkan dalam sekitar 100 ml air mineral, kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari sampai sariawan hilang.
  • Gunakan sisanya untuk berkumur lagi.

Mengatasi Diare

Dalam penelitian Jurnal Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto, disebutkan kalau manfaat buah parijoto juga membantu mengatasi diare. Caranya dengan mengambil 15-20 gram daun parijoto segar, lalu cuci dulu. Baru kemudian rebus dengan 450 ml air hingga mendidih selama kira-kira 15 hingga 20 menit. Saring, setelah dingin minum sebanyak dua kali sehari pagi dan sore.

Sebagai Obat Kolesterol

Buah yang didapatkan dari alam memang memiliki banyak kegunaan. Manfaat buah parijoto lainnya yang bisa kita nikmati adalah sebagai obat untuk kolesterol. Tidak perlu dimasak atau dihancurkan, Anda  bisa memakan buahnya langsung setelah dicuci.

Mampu Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah parijoto yang cantik ini mengandung antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke tubuh. Senyawa flavonoid ini juga memiliki manfaat antara lain untuk mengahambat penyebaran tumor, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta menghambat aktivitas enzim yang merupakan pemicu terjadinya peradangan dan penyakit pada sistem imun.

Menambah Nutrisi Ibu Hamil

Penelitian terhadap buah parijoto secara ilmiah menunjukkan bahwa buah ini mengandung Saponin, Flavonida, Kardenolin dan Tanin. Manfaat buah parijoto ini sangat baik untuk penambah nutrisi bagi ibu hamil. Yang sudah Anda  ketahui tentang khasiat secara umum adalah buah ini dikonsumsi ibu hamil setelah usia kandungannya memasuki lima bulan teratas.Tetapi juga bisa dikonsumsi pada usia kehamilan dari dua hingga tiga bulan.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah parijoto selanjutnya yaitu mampu menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Antihyperlipidemic and Anti-obesity Effects of The Methanolic Extract of Parijoto menunjukkan bahwa pemberian ekstrak metanol parijoto (M. speciosa) pada tikus, menurunkan kadar trigliserida secara bertahap, menurunkan bobot badan hingga 34% dan jaringan adiposa di peritoneum tikus hiperlipidemia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler