fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Jamur Shitake

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Selain menambah cita rasa, jamur shitake juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika saat ini jamur shitake begitu populer dan sangat mudah ditemukan di pasaran, baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan. Bahkan, jamur ini terdapat di dalam beberapa suplemen kesehatan. Jika dilihat dari kandungan nilai gizinya, jamur shitake tergolong rendah kalori. Selain itu, jamur jenis ini juga banyak mengandung serat, vitamin B, serta mineral. Lalu, apa saja khasiat jamur shitake bagi kesehatan tubuh?

Mendukung Sistem Imun Tubuh

Sebuah studi menemukan, orang yang mengonsumsi dua jamur shitake setiap hari selama satu bulan memiliki tingkat radang yang lebih rendah dan penanda sistem imun yang lebih baik. Dampak positif pada sistem imun ini disinyalir berhubungan dengan kandungan salah satu polisakarida yang ada dalam jamur shitake. Jamur shitake juga banyak mengandung selenium yang diperlukan tubuh untuk mendukung fungsi kognitif, sistem imunitas yang kuat, metabolisme hormon tiroid, serta kesuburan.

Berita Lainnya  Delapan Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngedot Si Kecil

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Salah satu manfaat jamur shitake adalah bagus untuk saluran pencernaan. Mengingat kalorinya yang rendah, jamur shitake sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat di dalam jamur ini juga dapat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, dan juga membantu mengurangi rasa lapar.

Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, Mata dan Hati

Jamur shitake kaya akan vitamin B, khususnya B5 yang diperlukan untuk mendukung berbagai fungsi tubuh. Misalnya, membentuk sel darah merah, kolesterol dan hormon tertentu, juga memecah lemak, karbohidrat dan protein menjadi energi. Kecukupan vitamin B5 juga membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati. Selain itu, kandungan tembaga dalam empat jamur shitake kering sudah mencukupi hampir 40 persen dari kebutuhan harian tubuh manusia. Mineral ini diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, kesehatan saraf, dan sistem kekebalan tubuh.

Berita Lainnya  Resep Camilan Roti Maryam

Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak

Kandungan vitamin B yang tinggi pada jamur dapat mendukung fungsi kelenjar, salah satunya adrenal. Hal ini penting untuk berbagai fungsi organ tubuh dan untuk beraktivitas sehari-hari. Manfaat jamur shitake juga membantu menjaga keseimbangan hormon, meningkatkan konsentrasi, dan menjaga fungsi kognitif otak tetap baik.

Menurunkan Risiko Osteoporosis

Jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D yang berasal dari tumbuhan. Oleh karena itu, vegetarian bisa mengonsumsi jamur secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Vitamin D diperlukan untuk menunjang kesehatan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian pada hewan mendapatkan hasil bahwa jamur shitake mengandung senyawa eritadenine, sterol dan beta glukan, yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Dalam studi menggunakan tikus, konsumsi jamur shitake juga dapat mencegah tekanan darah tinggi. Penemuan ini menunjukkan potensi manfaat jamur shitake dalam menjaga kesehatan jantung.

Berita Lainnya  Tujuh Makanan Khas Paskah Dari Berbagai Negara

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler