fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Daun Kunyit Yang Jarang Diketahui

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah yang mampu menyedapkan masakan. Tapi, tahukah Anda kalau manfaat daun kunyit juga memiliki manfaat yang tak kalah seperti bagian rimpangnya?  Sangat sedikit orang yang mengetahui atau memahami mengenai manfaat daun kunyit. Padahal, ada beberapa khasiat daun kunyit yang sebaiknya tidak boleh diremehkan begitu saja. Daun kunyit sendiri banyak dibudidayakan dan digunakan secara luas di Asia Selatan. Menurut seorang ahli gizi asal Bangalore, India, manfaat daun kunyit berasal dari sifat antiseptik dan antikarsinogeniknya. Berikut adalah berbagai manfaat daun kunyit, mulai dari masakan hingga kesehatan selengkapnya dilansir dari hellosehat.

Sebagai penyedap masakan

Salah satu kegunaan daun kunyit yang paling terkenal adalah sebagai penyedap masakan. Anda dapat menemukan daun kunyit langsung dari tanamannya atau membelinya di sejumlah supermarket. Manfaat daun kunyit ini sudah banyak digunakan pada sajian khas India, Thailand, Malaysia, dan Indonesia (seperti sajian rendang atau gulai). Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila kehabisan rimpang kunyit di dapur. Air rendaman ekstrak daun kunyit kering ternyata bisa dijadikan pewarna makanan alami. Pasalnya, warnanya sama dengan warna yang diberikan oleh kunyit.

Berita Lainnya  Enam Perawatan Modern Untuk Wajah Berjerawat

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat daun kunyit berikutnya adalah melancarkan pencernaan tubuh. Hal ini karena zat antioksidan dan antiradang kurkumin di dalam kunyit dapat membantu mencegah Anda dari kambuhnya gangguan pencernaan, seperti perut kembung. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa manfaat daun kunyit tak kalah seperti rimpangnya. Kandungan kurkumin pada daun kunyit diyakini dapat memacu kinerja empedu. Empedu merupakan salah satu organ penting yang dibutuhkan sistem pencernaan. Selain itu, menyimpulkan sejumlah penelitian berbeda, daun kunyit dikatakan aman dan mudah ditoleransi oleh orang-orang yang memiliki sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Potensi tersebut berasal dari efek antioksidan dan antiradang kurkumin yang membantu melancarkan kerja otot pencernaan.

Bersifat sebagai antiradang

Tidak hanya rimpang kunyit, manfaat daun kunyit juga berasal dari sifat antiradang dan anti inflamasi kurkumin yang terkandung di dalamnya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona dan dipublikasikan dalam Journal of Natural Production, kandungan antiradang kurkumin di dalam kunyit dapat membantu meringankan gejala nyeri sendi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid. Kendati demikian, penelitian mengenai manfaat daun kunyit untuk obat meringankan gejala nyeri sendi masih terbatas dilakukan pada hewan uji. Jadi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kemanjuran manfaat daun kunyit untuk meringankan gejala nyeri sendi pada manusia. Alangkah baiknya, penderita nyeri sendi berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi daun kunyit sebagai konsumsi harian.

Berita Lainnya  Delapan Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngedot Si Kecil

Menyembuhkan luka

Menyembuhkan luka juga menjadi manfaat daun kunyit lainnya. Selain antiradang, kurkumin juga mengandung zat antibakteri dan antivirus yang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat daun kunyit ini dapat diperoleh dengan cara menumbuk daun kunyit dengan sedikit air. Kemudian, oleskan daun kunyit yang sudah dihaluskan pada kulit yang terluka, baik luka gores hingga luka bakar ringan.

Mencegah diabetes

Manfaat daun kunyit dipercaya dapat mencegah diabetes. Hasil studi pada hewan uji menyebutkan bahwa daun kunyit mampu mengurangi kadar gula darah. Sayangnya, studi tersebut masih dilakukan pada hewan uji sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya pada manusia.

Berita Lainnya  Lima Penyebab Nyeri Kepala pada Anak

Melembutkan dan mencerahkan kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat daun kunyit untuk kecantikan juga sangat banyak. Antioksidan dalam kunyit membuat penampilan kulit secara keseluruhan tampak lebih lembut, halus, dan cerah. Bintik-bintik gelap atau noda di wajah pun dipercaya dapat memudar. Cara paling mudah untuk memperoleh manfaat daun kunyit ini adalah dengan meracik masker alami. Anda dapat menumbuk daun kunyit dan menambahkan bahan alami lain, seperti madu, sehingga menjadi pasta kental. Kemudian, oleskan campuran masker tersebut ke kulit. Kandungan antiseptik alami pada daun kunyit juga diklaim dapat meringankan gejala kondisi kulit, seperti eksim. Meski demikian, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengoleskan tumbuk daun kunyit untuk mengurangi gejala eksim.

Anti inflamasi

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi. Begitupun dengan daun kunyit. Penderita penyakit sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid sebaiknya mengonsumsi daun kunyit. Senyawa bioaktif yang ada pada daun kunyit bisa meringankan nyeri sendi. Tapi sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui berapa banyak sebaiknya Anda mengonsumsi daun kunyit per hari.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler