fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Rempah Kuno Jintan Putih

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Jintan putih adalah salah satu bumbu Nusantara yang dapat dipadukan ke dalam berbagai masakan, seperti ayam goreng, kuah, dan jenis hidangan lainnya. Selain di Indonesia, jintan putih atau cumin juga digunakan di belahan dunia lainnya, seperti di Cina dan India. Jintan putih memberikan cita rasa seperti kacang yang pedas dan hangat. Namun, jintan putih tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan aroma serta rasa dalam makanan tetapi juga dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan Anda.

Menurunkan Berat Badan

Selain menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur, Anda dapat membumbui masakan dengan jintan putih untuk membantu menurunkan berat badan, tingkat insulin,  dan kadar lemak dalam tubuh Anda.

Mengatasi Stres

Saat sedang mengalami stres, Anda bisa mencoba memasukkan jintan putih ke dalam makanan Anda! Jintan putih dapat menurunkan respon stres dalam tubuh dan menanggulangi stres melalui senyawa antioksidannya. Selain itu, studi pada tikus  juga mendapati bahwa ekstrak jintan putih dapat meningkatkan fungsi memori di otak.

Baik Untuk Pencernaan

Jintan putih mampu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan produksi enzim pencernaan serta empedu yang berperan dalam mencerna lemak dan nutrisi. Tak heran jika jintan putih sejak dahulu digunakan untuk melancarkan pencernaan.

Mengandung Antibakteri

Tidak hanya bawang putih, bumbu dapur jintan putih juga memiliki senyawa antibakteri megalomicin yang dapat mengurangi risiko Anda terkena infeksi bakteri saat sedang mengonsumsi makanan.

Membantu Menjaga Diabetes

Jintan putih ditemukan dapat membantu menjaga  kadar diabetes pada orang-orang dengan berat badan berlebih. Bahkan, jintan putih bisa menghambat pembentukan AGE (advanced glycation end products) pada penderita diabetes yang dapat merusak organ tubuh, seperti mata dan ginjal.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi tentunya berbahaya bagi kesehatan karena dapat meningkatakn risiko Anda terkena penyakit jantung. Jintan putih diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang jahat dan menaikkan kadar kolesterol HDL yang baik.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami manfaat jintan putih yang satu ini.

Mengurangi Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom iritasi usus besar memiliki gejala yang sangat mengganggu, seperti kembung dan sakit perut. Untungnya, jintan putih dipercaya mampu mengurangi gejala dari sindrom iritasi usus besar, seperti sembelit dan diare.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler