fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Kacang Kenari Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Semua buah-buahan kering bermanfaat bagi kesehatan tetapi kenari atau walnut mengandung dua kali jumlah antioksidan dibandingkan dengan kacang-kacangan lain. Meskipun sebagian besar kenari sekarang tumbuh di California dengan pohon-pohon yang membentang 122.000 hektar  di sepanjang daerah, namun buah kering ini berasal dari Persia. Dibutuhkan waktu 15 tahun agar pohon tumbuh hingga mulai menghasilkan buah. Rata-rata pohon menghasilkan buah selama 45 tahun. Kenari masuk dalam keluarga tanaman kacang, almond, pistachio, kacang mete, hazelnut, pecan dan kacang Brazil yang juga milik keluarga tanaman ini. Ada hampir 30 varietas, namun hanya tiga yang paling dikenal secara umum yaitu jenis Persia, hitam, dan butternut. Buah kering ini mengantung nutrisi yang kuat seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, vitamin B, riboflavin, niasin, Asam Pantotenat, Tiamin, vitamin B 6, vitamin E, folat dan omega 3 asam lemak. Berikut ini adalah manfaat kacang kenari untuk kesehatan dilansir dari berbagai sumber.

Kesehatan Jantung

FDA, Food and Drug Administration telah baru-baru ini menyatakan bahwa mengkonsumsi 1,5 ons kacang kenari per hari dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Kacang kenari mengandung banyak ALA atau Alfa-linolenat acid, yang sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan jantung. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, mengkonsumsi kenari dapat membantu mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Mencegah Diabetes

Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang ditemukan di kenari yang bermanfaat untuk menjaga tingkat insulin. Penelitian dilakukan di Harvard School of Public Health, membuktikan bahwa 30% wanita yang makan 30 gram kacang kenari selama 5 kali dalam seminggu memiliki rediko Diabetes Tipe 2 yang lebih rendah.

Sumber Antioksidan

Anda dapat menemukan banyak phytochemical dalam kacang kenari seperti asam ellagic, melatonin, vitamin E, senyawa Poli-phenolic  dan karotenoid, Semua komponen ini berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa ini dapat membantu tubuh Anda memerangi melawan penuaan, kanker, penyakit saraf, dan peradangan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Jumlah asam lemak omega 3 yang tinggi yang ditemukan di kenari membuatnya menjadi makanan yang sangat baik untuk otak Anda. Hampir dua pertiga orang Amerika mengalami kekurangan asam lemak omega 3. Kekurangan lemak omega 3 dapat menghilangkan tingkat fungsi otak. Sebuah studi yang dilakukan oleh Purdue University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki asupan asam lemak omega 3 yang rendah memiliki masalah perilaku dan gangguan belajar.

Membantu Mengurangi Stress

Asam lemak Omega 3 juga bermanfaat untuk mengurangi depresi, ADHA dan penyakit Alzheimer. Kenari dan minyak walnut atau minyak kenari berkontribusi untuk menurunkan tingkat stres dan tekanan darah. Hal ini telah diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition.

Obat Insomnia

Orang-orang yang tidak bisa mendapatkan tidur yang cukup harus menghindari menggunakan bantuan obat tidur, karena kebanyakan dari obat tidur memiliki efek samping.  Sesuatu yang perlu untuk dicoba adalah dengan mengkonsimsi 5 kenari setelah makan malam, karena kacang kenari dapat membantu Anda tidur yang berkualitas.

Kesehatan Kulit

Minyak walnut atau kenari melindungi kulit dari kekeringan dan mengembalikan kelembaban yang alami. Minyak kenari ini juga digunakan sebagai bahan di berbagai kosmetik dan minyak pijat yang digunakan untuk terapi pijat dan aromaterapi. Vitamin E yang ditemukan di kenari juga sangat bermanfaat bagi kulit.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler