fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Sekolah TK Bagi Si Kecil

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Lingkungan sekolah tentulah berbeda dengan lingkungan keluarga dan lingkungan rumah. Si kecil mungkin terbiasa mengantri di rumah, misalnya bergantian mainan dengan saudara sepupu. Namun di sekolah, ia akan menghadapi lebih banyak orang dengan karakter yang lebih bervariasi pula. Penelitian juga membuktikan, si kecil  yang memiliki kesiapan baik untuk sekolah lebih mudah beradaptasi, sehingga mengurangi rasa stres yang mungkin mereka rasakan. Terkait dengan hal tersebut, berikut rangkuman tujuh manfaat sekolah TK sebagai bahan pertimbangan kita saat akan mendaftarkan si kecil masuk TK.

Membantu Pembentukan Struktur Otak Si kecil

Seperti yang Anda sering dengar, pada usia 5 tahun pertumbuhan otak mencapai 90% dari ukuran otak saat dewasa nanti. Jadi, tahun-tahun pertama adalah masa kritis bagi si kecil. Pengalaman-pengalaman mereka di masa tersebut memberikan efek jangka panjang untuk masa depannya.

Memiliki Pencapaian Akademis Lebih Baik

Si kecil usia pra-sekolah umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dengan bermain dan belajar di TK rasa ingin tahu si kecil bisa terpenuhi. Tentu saja ini akan memberikan efek positif pada performa akademisnya kelak. Hal ini juga dikuatkan oleh beberapa penelitian, bahwa si kecil  yang masuk ke sekolah pendidikan usia dini ternyata jarang mengulang pelajaran. Mereka juga memiliki rating kelulusan yang lebih tinggi. Terjawabnya rasa ingin tahu si kecil juga akan mendorong mereka untuk terus bersemangat belajar semenjak dini.

Berita Lainnya  Enam Hal Terbaik Dikonsumsi Saat Kondisi Sedang Marah

Sebagai Tambahan Aktivitas Harian Si Kecil yang Lebih Berstruktur

Di rumah, si kecil mungkin terbiasa hanya main mainan yang ada, seperti mobil-mobilan, robot, atau boneka. Dengan mengikuti kegiatan di TK si kecil akan bermain hal lain yang ia tidak mainkan di rumah. Kurikulum TK umumnya juga menyertakan olah raga sebagai salah satu aktivitas fisik si kecil. Olah raga ringan seperti kesimbangan, berlari, berayun adalah beberapa ketrampilan fisik yang perlu si kecil pelajari selama proses tumbuh kembangnya.

Mendorong Perkembangan Emosi-Sosial

Selama belajar di TK mau tidak mau si kecil akan belajar berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-temannya, serta mengikuti aturan-aturan tertentu. Memahami aturan dan berinteraksi dengan lebih banyak orang akan membantu si kecil lebih siap menghadapi dunia yang lebih luas. Si kecil akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan tepat dan efektif. Keterampilan semacam ini telah lama diklaim sebagai salah satu manfaat jangka panjang dari bersekolah di TK.

Belajar Disiplin Dan Mengikuti Aturan

Berita Lainnya  Kerang Dara Bumbu Pedas

Di dalam kelas, si kecil tentu harus mengikuti aturan tertentu. Misalnya, belajar untuk bersabar dalam antrian, mengikuti perintah guru untuk bergiliran dan masih banyak lagi. Itu semua adalah hal yang mungkin tidak akan ia peroleh di lingkungan rumah dan keluarga besarnya.

Mendorong Minat Baca Si Kecil

Masalah membaca adalah salah satu konsen utama para orangtua dibanding masalah sekolah yang lain. Bersekolah di TK membantu si kecil untuk memulai ketrampilan membaca dan menumbuhkan minatnya dengan cara yang menyenangkan. Contohnya adalah menyusun alfabet di pohon huruf, bermain flash card huruf bersama teman, menyusun puzzle, bernyanyi, juga mendengarkan dongeng.

Mendorong Rasa Percaya Diri pada Si Kecil

Berita Lainnya  Pasar Malam Sudah Dibuka Sejak Awal Puasa, Wahana Tersedia Banyak

Si kecil pada usia pra-sekolah (4-6 tahun) sangat membutuhkan bimbingan untuk membangun konsep diri yang kuat. Guru-guru TK umumnya menghargai apa pun hasil pekerjaan si kecil atau mampu memberikan saran dengan cara yang lebih positif. Penghargaan dalam bentuk verbal serta sering dilakukan akan menumbuhkan rasa percaya diri pada si kecil.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler