fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Senam Irama

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Di balik keriangan yang dihasilkan dari aktivitas senam irama, ada sejumlah manfaat besar dari senam ini terhadap kesehatan tubuh, baik dari segi mental maupun fisik. Berikut adalah manfaat senam irama yang perlu Anda ketahui.

Menguatkan Otot

Manfaat senam irama bagi tubuh yang pertama adalah menguatkan jaringan otot pada tubuh. Sama seperti jenis olahraga lainnya, melakukan senam irama secara otomatis mampu membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat. Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, pun mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

Memperbaiki Bentuk Fisik

Senam irama berfungsi untuk mengencangkan otot tubuh, terutama di bagian lengan, perut pinggul, dan paha. Hal ini lantas menghasilkan bentuk fisik tubuh yang proporsional dan bagus.

Memperbaiki Keseimbangan Fisik

Selain bentuk fisik, manfaat senam irama adalah memperbaiki keseimbangan fisik. Setiap gerakan yang diciptakan untuk cabang senam ini memiliki struktur yang konsisten, di mana berefek pada peningkatan keseimbangan tubuh.

Berita Lainnya  Resep Kue Lapis

Merawat Kesehatan Tulang

Saat melakukan gerakan senam irama, Anda akan bertumpu sendiri guna menopang beban tubuh. Secara tak langung, hal ini melatih kekuatan dan kesehatan tulang yang kemudian berdampak pada kecilnya kemungkinan tulang mengalami sejumlah masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Ada kalanya lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh. Sebaliknya, saat musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam pun menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan. Tanpa disadari, hal ini menghasilkan manfaat senam irama untuk kesehatan jantung. Tak ayal, orang yang melakukan senam irama cenderung memiliki jantung yang lebih sehat.

Berita Lainnya  Enam Tips Mengetahui Bakat Diri Sendiri

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Otak yang sehat dan berfungsi baik akan meningkatkan daya ingat dan fokus, pun mencegah timbulnya penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer. Salah satu manfaat melakukan senam irama adalah mengoptimalkan dan merawat fungsi otak tersebut. Manfaat senam irama yang satu ini tak lepas dari gerakan senam dan alunan musik yang diklaim efektif menurunkan kadar epineprin dan kortisol, yakni 2 hormon yang menjadi faktor pencetus stres, untuk kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang kini tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan, melakukan senam irama adalah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses pembakaran lemak sehingga berat badan otomatis akan menurun. Manfaat melakukan senam irama yang satu ini tak lepas dari gerakan senam itu sendiri alunan musik energik yang mengiringinya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler