fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Sukun Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Tak hanya dapat digunakan sebagai bahan makanan, buah sukun yang memiliki nama latin artocarpus altilis ini pun dipercaya memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Lantas, apa saja sih manfaat buah sukun yang bisa dirasakan oleh tubuh? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak lansiran dari dekoruma.

Mencegah Diabetes

Mengonsumsi buah sukun secara teratur dipercaya dapat turunkan kadar gula darah yang tinggi sehingga sangat baik untuk para pengidap diabetes. Hal ini disebabkan tingginya kadar serat pada buah sukun yang dapat membantu penyerapan glukosa pada tubuh. Selain itu, buah sukun pun memiliki senyawa alami yang dapat memproduksi insulin sehingga dapat mengendalikan penyakit diabetes.

Membantu Diet

Buat Anda yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi buah sukun secara teratur sangatlah efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Buah sukun memiliki kandungan kalori yang baik bagi tubuh, kandungan lemak yang rendah, serta dapat membuatmu merasa kenyang setelah mengonsumsinya. Anda bisa mengolah buah sukun dengan cara dipanggang atau dikukus agar hasilnya makin efektif.

Berita Lainnya  Lima Bahan Alami Pereda Batuk Berdahak

Mengatasi Masalah Pencernaan

Sama seperti aneka tanaman obat tradisional, buah sukun juga bisa mengatasi masalah pencernaan tubuh. Memiliki kadar serat tinggi serta tekstur yang lembut, buah sukun mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, serta dapat mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam pada lambung. Buah sukun juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, dan beta-karoten untuk membantu meredakan radang pada lambung.

Mencegah Kanker

Kandungan antikarsinogenik dan beta-karoten pada buah sukun juga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara ataupun kanker ovarium. Namun, Anda tetap harus mengonsumsi buah sukun secara bijak atau konsultasikan dengan dokter karena jika terlalu banyak dapat memicu risiko tekanan darah rendah.

Mencegah Penyakit Jantung

Berita Lainnya  Resep Pisang Pompom

Di dalam buah sukun juga terdapat sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung sehingga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti jantung koroner, serangan jantung, ataupun kardiovaskular. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa buah sukun memiliki kandungan kalium yang memberikan manfaat seperti mengatur detak jantung serta dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Membantu Permasalahan Kulit

Buah sukun juga terbukti efektif untuk mengobati peradangan pada kulit, gatal-gatal, hingga jerawat. Hal ini disebabkan karena buah sukun dapat menghambat perkembangan enzim penyebab radang serta memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya sehingga dapat memproduksi kolagen dan membuat kulitmu tetap sehat.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tak hanya bermanfaat bagi jantung, asam lemak pada buah sukun juga dapat meningkatkan kesehatan pada tulang. Selain itu, terdapat pula kandungan mineral, magnesium, dan kalsium yang dapat mensintesis jaringan tulang baru pada tubuh dan tentu saja berguna juga untuk meningkatkan kesehatan gigi.

Berita Lainnya  Resep Rujak Cingur

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler