fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Negara Dengan Pulau Terbanyak

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Sebagian besar negara yang sudah disebutkan di atas hanya memiliki satu daratan saja. Padahal di dunia ini ada banyak negara yang memiliki banyak pulau atau lebih dikenal sebagai negara kepulauan. Negara kepulauan yaitu negara yang mempunyai banyak pulau serta keragaman suku, budaya hingga adat istiadatnya. Istilah negara kepulauan sendiri telah ditegaskan dalam konvensi Perserikatan Bangsa – Bangsa yang artinya negara yang keseluruhannya terdiri atas satu gugus besar atau mempunyai lebih dari kepulauan mencangkup pulau-pulau lainnya. Lalu negara mana saja di dunia ini yang memiliki pulau terbanyak? Berikut daftarnya disisir dari ilmugeografi.com.

Swedia – 267.570 pulau

Negara Swedia menjadi negara yang memiliki jumlah pulau paling banyak di dunia. Bahkan ibukotanya, Stockholm merupakan kumpulan dari beberapa pulau kecil yang dihubungkan oleh jembatan. Meskipun begitu, tidak banyak pulau yang berpenghuni di Swedia. Pulau-pulau yang paling banyak dihuni penduduk Swedia serta menjadi tempat destinasi oleh wisatawan asing yakni Blido, Orno, Moja, Uto dan Sando sedangkan sisanya hanya ditempati oleh satu atau dua keluarga, bahkan tidak berpenghuni sama sekali.  Tidak heran jika pemerintah setempat memberikan kesempatan bagi siapapun untuk membeli salah satu pulau di Swedia.

Berita Lainnya  Enam Mie Terenak Dari Berbagai Negara Asia

Finlandia – 179.584 pulau

Negara kedua dengan jumlah pulau terbanyak di dunia yaitu negara Finlandia. Negara ini juga tidak hanya memiliki pulau yang banyak saja, tetapi juga jumlah danau yang mencapai 187.888 buah. Hampir sebagian besar pulau yang berada di negara Finlandia merupakan pulau karang yang cukup terjal, sehingga jarang untuk dijadikan tempat tinggal. Untuk pulau-pulau yang berada tidak jauh dari daratan utama dimanfaatkan untuk bangunan seperti kastil atau bangunan berarsitektur kuno. Terdapat salah satu pulau yang dikhususkan untuk dikunjungi oleh wanita saja bernama SuperShe Island.

Norwegia (lebih dari 50.000 pulau)

Negara yang terletak di bagian paling utara bumi ini ternyata masuk ke dalam daftar sebagai negara dengan jumlah pulau terbayak di dunia. Negara yang memiliki luas wilayah mencapai 385.525 km persegi ini setidaknya terdapat lebih dari 50 ribu pulau dan terbentang dari Pulau Bouvet hingga Svalbard. Bahkan ada salah satu pulau yang akan memberlakukan zona bebas waktu yaitu Pulau Sommaroy atau saat musim panas tiba dikenal dengan nama Summer Island. Hal ini bukan tanpa sebab, saat musim panas tiba pulau ini tidak akan mengalami matahari terbenam selama lebih dari 2 bulan, begitupun sebaliknya saat musim dingin, Pulau Sommaroy tidak akan mendapatkan sinar matahari.

Berita Lainnya  Resep Menu Bakso Kuah Pedas

Kanada (lebih dari 36.000 pulau)

Tidak hanya terkenal sebagai negara terbesar kedua di dunia, negara Kanada juga memiliki jumlah pulau lebih dari 30 ribu. Pulau-pulau ini tersebar dari Amerika Utara sampai dengan Kutub Utara atau Artik. Hampir sebagian besar pulau-pulau yang berada di Kanada terutama di bagian dekat dengan Kutub Utara bisa dikatakan sangat liar dan selalu tertutup oleh lapisan es yang tebal. Semakin ke arah selatan, beberapa pulau dipenuhi oleh hutan tebal dan banyak dihuni oleh penduduk lokal.

Indonesia – 18.307 pulau

Seperti yang kita ketahui, Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bahkan beberapa pulau banyak dikunjungi oleh wisatawan asing untuk menikmati keindahan alam yang dimilikinya seperti Bali dan Raja Ampat di Papua. Dengan jumlah pulau mencapai lebih dari 18.000 ribu namun hanya sekitar 13.644 pulau saja yang sudah terdaftar di PBB. Namun hanya sekitar 9 ribu pulau yang dihuni oleh penduduk Indonesia sedangkan sisanya hanya berupa pulau tak berpenghuni.

Australia – 8.222 pulau

Berita Lainnya  Nikmatnya Meneguk Es Tape Legendaris Dari Piyaman Ini di Tengah Cuaca Panas

Negara yang berada tidak jauh dari Indonesia ini ternyata masuk ke dalam daftar negara dengan pulau terbanyak. Tercatat ada sekitar lebih dari 8.000 pulau yang dimiliki negeri kanguru ini. Salah satu pulau yang terkenal yaitu Pulau Norfolk yang berada di lepas Teluk Byron. Pulau ini mempunyai suasana yang tenang serta pemandangan alam yang indah. Keunikan pulau ini yaitu tidak terdapat lampu merah serta jika ingin tinggal di pulau ini penghuni hanya boleh tinggal selama 3 bulan saja. Pilihan lain yaitu jika menjalankan bisnis di Pulau Norfolk selama 5 tahun, penghuni bisa tinggal secara permanen.

Filipina – 7.641 pulau

Setidaknya terdapat lebih dari 7.000 pulau yang dimiliki oleh negara Filipina. Negara Filipina sendiri terbagi atas tiga zona atau grup pulau besar yakni Luzon, Mindanao dan Visayas. Bahkan salah pulau di Filipina yaitu Pulau Siargao mendapat predikat pulau terbaik, mengalahkan Pulau Bali di Indonesia versi Conde Nast Traveler. Pulau Siargao memiliki 15 titik selancar karena ombak di laut cukup tinggi serta berpasir putih. Tidak heran jika di Siargao terdapat sekolah selancar untuk pemula dan juga banyak penyewaan papan selancar.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler