fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Penyebab Kamar Terasa Panas

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Berada di kamar yang panas membuat kita tidak dapat konsentrasi sengan baik saat hendak melakukan aktivitas atau tidur. Suhu udara yang meningkat bisa membuat tubuh terasa gerah, berkeringat, dan tidak nyaman. Namun, apakah penyebab kamar panas karena tidak adanya pendingin ruangan di dalamnya? Tidak adanya pendingin ruangan bukan satu-satunya penyebab kamar panas. Masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan suhu udara di dalam kamar menjadi panas. Mau tahu apa saja? Simak ya!

Posisi Kamar

Ada yang mengatakan bahwa penyebab kamar panas adalah posisi kamar yang kemungkinan besar berada di sebelah barat membuat suhu udara di dalamnya jadi lebih tinggi. Hal ini semata-mata disebabkan oleh paparan sinar matahari yang lebih intens jika dibandingkan dengan sisi lainnya. Posisi kamar berdasarkan arah angin ini tidak terlalu berpengaruh. Namun, posisi kamar yang dekat dengan kawasan industri atau dapur memang membuat hawa di dalamnya jadi lebih panas. Solusi untuk mengatasi kamar panas akibat posisi yang tidak tepat ini adalah dengan memasang AC. Penyejuk ruangan ini akan membuat suhu di dalam kamar tetap rendah meskipun kamar Anda berada di dekat sumber panas.

Atap Rumah  

Penyebab kamar panas yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya adalah pemilihan atap rumah yang salah. Atap berbahan dasar asbes, seng, atau material logam dapat membuat ruangan yang berada di bawahnya jadi lebih panas. Baik seng maupun logam memiliki sifat mudah menyerap panas matahari. Jalan keluar untuk kamar yang panas karena atap rumah adalah mengganti atap rumah dengan genteng yang terbuat dari tanah. Atap dari material tanah tentu akan membuat kamar Anda yang berada di bawahnya jadi lebih sejuk.

Berita Lainnya  Film Terbaru Bulan Mei 2019 yang Wajib Ditonton

Kurangnya Ventilasi Udara

Tak dapat dipungkiri bahwa ventilasi udara sangat berpengaruh untuk menciptakan kamar yang sejuk dan segar. Ventilasi adalah salah satu sirkulasi udara yang dapat membuat kamar terasa tidak pengap. Ventilasi akan membantu pertukaran udara dari luar untuk masuk ke dalam kamar. Jika tidak ada ventilasi di kamar, mulailah untuk turut membuat ventilasi atau jendela agar udara di dalam kamar mengalami pertukaran. Ventilasi akan membuat kamar Anda jadi sejuk dan lebih nyaman.

Plafon Terlalu Rendah

Kamar yang panas bisa disebabkan karena langit-langit ruangan yang terlalu rendah. Standar ketinggian plafon yang paling ideal untuk sebuah ruangan adalah 3 meter. Jika plafon di kamar Anda tingginya kurang dari 3 meter, maka suhu kamar akan sangat tinggi. Penyebab suhu tinggi di dalam kamar berplafon rendah adalah udara tidak dapat mengalir dengan baik karena ketidaktersediaan ruang yang cukup untuk pergantian udara. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membuat ventilasi udara lebih banyak dan memasang AC pada kamar tersebut.

Posisi Jendela yang Salah

Bukankah jendela dibuat untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar? Ya, memang benar jika jendela dibuat untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar. Akan tetapi, penempatan jendela di sisi yang salah dapat menjadi penyebab udara kamar terasa panas. Sebagai contoh, jendela yang menghadap ke arah barat akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak. Apabila terlalu banyak paparan sinar matahari di jendela kamar Anda, otomatis suhu ruangan akan meningkat dan menyebabkan panas yang cukup tinggi. Solusi untuk mengatasi posisi jendela yang salah adalah membuat jendela baru. Jika tidak maka Anda bisa memberikan tirai yang cukup tebal untuk menghalau sinar matahari masuk ke kamar Anda.

Berita Lainnya  Lima Menu Camilan yang Baik Untuk Kesehatan si Kecil

Warna Cat Dinding yang Gelap

Usut punya usut, salah satu yang membuat udara kamar terasa panas adalah pemilihan warna cat dinding. Percaya atau tidak, warna cat dinding yang gelap dapat membuat udara di kamar menjadi panas. Apa saja contoh warna cat dinding yang gelap? Misalnya, hitam, biru tua, hijau tua, dan warna gelap lainnya. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi? Warna gelap memang memiliki sifat yang dapat menyerap panas. Akan tetapi, warna cat gelap juga dapat memantulkan sinar yang datang, entah itu sinar matahari atau sinar lampu. Oleh karena itu, semakin gelap cat dinding kamar Anda maka semakin panas udara di dalamnya. Cara untuk mengatasi kamar yang panas akibat warna cat dinding yang gelap adalah mengubah warna catnya ke warna yang lebih cerah atau warna-warna pastel. Meskipun tidak bisa membuat suhu di kamar turun drastis, setidaknya kamar Anda jadi lebih adem sedikit.

Banyak Sumber Panas yang Tak Terduga

“Di kamar tidak ada kompor kok!” Mungkin kata-kata ini langsung tercetus dalam benak Anda ketika mengetahui bahwa penyebab kamar berudara panas adalah adanya sumber panas yang tak terduga di kamar Anda. Sayangnya, sumber panas yang dimaksud di sini bukan cuma kompor. Ada benda-benda tak terduga lainnya yang dapat menjadi sumber panas, seperti magic jar, dispenser, komputer/laptop, televisi, atau setrika. Komputer, laptop, dan televisi memiliki kipas yang dapat mengeluarkan udara panas. Sementara setrika sudah jelas menghasilkan panas yang cukup tinggi untuk melicinkan pakaian. Magic jar dan dispenser akan terasa panas jika dipegang bagian belakangnya setelah dipakai untuk jangka waktu panjang.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler