fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tujuh Resep Herbal Bunga Kenop Untuk Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Selain sebagai tanaman hias, bunga kenop juga dapat digunakan sebagai bahan obat tradisional. Bunga kenop memiliki rasa yang manis, netral, dan sangat berkhasiat sebagai antibatuk (antitusif), menghilangkan sesak (antiasthmatic). Berikut resep herbal dari bunga kenop dalam perannya sebagai obat herbal tradisonal dilansir dari berbagai sumber.

Mengobati Luka Memar

Aplikasinya, siapkan bunga kenop secukupnya, kemudian dihaluskan dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

Melancarkan Buang Air Kecil Dan Mengobati Sakit

Aplikasinya, siapkan 10 gram bunga kenop, 30 gram rambut jagung yang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum.

Mengobati Penyakit Disentri

Aplikasinya, siapkan 10 kuntum bunga kenop segar, 30 gram krokot segar yang direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan diminum secara rutin, lakukan tiga kali sehari.  Atau siapkan 10 kuntum bunga kenop dan 30 gram patikan kebo yang direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, setelah dingin disaring  dan airnya diminum.

Mengobati Sesak Napas

Siapkan 10 kuntum bunga kenop, 10 gram jahe  yang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.

Mengobati Radang Saluran Napas Kronis

Siapkan 10 kuntum bunga kenop, 15 gram kaktus yang telah dikupas kulitnya, 10 gram jahe, gula batu secukupnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian airnya disaring dan diminum hangat-hangat. Sudah dibuat obat disuntiakan pada titik akupunktur, pada 10% penderita, timbul rasa kering ditenggorokan setelah mendapatkan suntikan, tetapi hanya sementara.

Mengatasi Benjolan Di Tubuh

Siapkan 10 kuntum bunga kenop, 30 gram daun dewa yang direbus dengan air secukupnya lalu disaring dan diminum airnya.

Mengobati Panas Dalam Pada Anak-Anak Karena Gangguan Liver

Siapkan 7-14 kuntum bunga kenop, 15 gram temulawak, 75 gram jail yang direndam hingga lembut, kemudian direbus dengan 750 cc air hingga tersisa 300 cc lalu disaring dan diminum airnya dengan menambahkan madu secukupnya sedangkan jalinya dimakan.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler