fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tujuh Tips Mengatasi Zoom Fatigue

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Aktivitas melalui sarana video konferensi memang tercatat meningkat pesat selama pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan bekerja dan belajar dari rumah (WFH dan PJJ), serta peralihan kegiatan komunikasi lainnya ke forum online. Masyarakat pun mulai akrab dengan ragam platform yang menyediakan layanan video konferensi, seperti ZoomTeams, dan Google Meet.

Video konferensi meski terkesan ringan dan hanya perlu dilakukan dengan menghadap layar komputer atau ponsel, akan tetapi jika terlalu sering dilakukan dapat berdampak pada kelelahan akut. Fenomena itu disebut sebagai Zoom Fatigue.  Hal ini disebabkan proses interaksi yang jauh berbeda ketika seseorang melakukan video konferensi ketimbang dengan pertemuan antar-muka secara langsung. Ia mengatakan dalam laman Healthline, ada sejumlah faktor yang membuat kelelahan itu terjadi. Dalam paparan itu, ketika seseorang sedang melakukan aktivitas video konferensi, maka otak harus bekerja ekstra keras agar dapat memproses informasi yang begitu banyak, lantaran harus fokus kepada setiap orang yang ada dalam rapat online itu. Nah berikut tips mengatasi zoom fatigue.

Mengubah Lokasi Kerja

Cara pertama mengatasi Zoom fatigue adalah dengan membuat tempat bekerja berbeda dari tempat tinggal meski itu masih berada di dalam lingkungan yang sama. Contohnya dengan mengubah pencahayaan di tempat kerja Anda menjadi lebih terang.

Mempraktikkan Teknik 20-20-20

Cobalah praktikkan teknik  20 20 20 saat melakukan video conference. Caranya adalah  meluangkan waktu 20 menit untuk melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik saat virtual meeting berjalan. Dengan melakukan itu, akan membuat Anda bisa teralih sebentar dari layar zoom.

Membuat Gerakan Tubuh

Walaupun Anda tidak bisa meninggalkan video conference saat berlangsung, setidaknya Anda bisa mengangkat laptop Anda untuk berdiri atau berjalan-jalan sebentar guna meregangkan badan.

Memberi Jeda Untuk Beristirahat Pada Setiap Rapat

Upaya lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Zoom fatigue yakni dengan membatasi jeda waktu selama 15-20 menit sebelum Anda beralih dengan meeting selanjutnya. Ingat rapat online yang dilakukan secara terus menerus bisa benar-benar melelahkan. Tak ada salahnya bila Anda meminta jeda istirahat sebelum kembali rapat dengan tim lainnya.

Manfaatkan Fitur Suara

Tidak semua meeting online membutuhkan tampilan video, beberapa orang mungkin menganggap cukup dengan melakukan panggilan meeting melalui suara. Terkecuali bila ada hal-hal yang harus dijelaskan melalui presentasi, Anda bisa menggunakan layar monitor untuk menjelaskannya.

Mainkan Sebuah Permainan

Saat Anda mulai menyadari efek dari zoom fatigue karena terlalu banyak meeting online, tidak ada salahnya jika Anda meminta rekan kerja Anda untuk menyiapkan games terlebih dahulu. Games termudah yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah permainan truth and lies. Mainkan games ini sebelum rapat selama 15-20 menit, setidaknya ini akan membantu menghangatkan komunikasi antar semua anggota rapat.

Sesuaikan Tampilan Zoom 

Daripada hanya fokus pada semua orang yang hadir dalam rapat Zoom. Ada baiknya Anda hanya fokus pada pembicara saja. Anda juga bisa menutupi tampilan layar dengan menggunakan kertas  supaya tidak merasa risih dengan tampilanmu.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler