fbpx
Connect with us

Pendidikan

Tunggu Petunjuk Teknis, Siswa Akan Dapat Kuota Gratis 35 Gigabyte per Bulan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan bantuan kuota gratis kepada para siswa selama masa pandemi. Sejauh ini, kuota gratis sudah bisa diminati siswa selama belajar di rumah pada masa pandemi covid19. Sebelumnya, kuota gratis ini diambilkan dari dana Bantuan Operasional Siswa.

Kepala Bidang SMP, Disdikpora Gunungkidul, Kisworo mengatakan, pihaknya hingga Sabtu (29/08/2020) ini belum menerima detail petunjuk teknis mengenai pembagian kuota gratis bagi para siswa. Pihaknya baru menerima surat edaran dari Dirjen Paud, Pendidikan Dasar dan Menengah.

“Kami baru menerima surat, juknisnya belum,” kata Kisworo, Sabtu siang.

Sesuai dengan surat yang ia terima, pihaknya kemudian meminta kepala sekolah untuk segera mendata nama siswa dan juga nomor telfonnya. Data tersebut diinput melalui aplikasi Dapodik tiap-tiap siswa.

“Pengisian terakhir tanggal 31 Agustus, saat ini seluruh sekolah di Gunungkidul sudah kami instruksikan,” jelasnya.

Rencananya kuota gratis ini akan diperuntukkan bagi siswa dan guru. Program ini untuk memperlancar Pelajaran Jarak Jauh.

Berita Lainnya  Vaksinasi Untuk Pelajar Mulai Digencarkan, Songsong Dimulainya KBM di Sekolah

“Adapun besarannya guru 42GB per bulan sedangkan siswa 35 GB per bulan,” tutur Kisworo.

Terpisah, Kepala Disdipora Gunungkidul, Bahron Rasyid menjelaskan, wacana ini masih sebatas ia baca dari media massa. Namun demikian ia membenarkan jika Disdikpora Gunungkidul sendiri sudah menerima surat yang berisi perintah untuk menginput nama siswa beserta nomor telfon pada aplikasi Dapodik.

“Rencananya akan terelaisasi September hingga Desember, memang benar permasalahan utama saat PJJ ini adalah pulsa,” ujar Bahron.

Nantinya Kemendikbud akan bekerjasama dengan seluruh layanan operator yang digunakan para siswa maupun guru. Secara otomatis guru dan siswa yang sudah terdata memalui aplikasi dapodik akan mendapatkan transfer.

“Penambahan kuotanya langsung sesuai daftar,” tandas Bahron.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler