fbpx
Connect with us

Pariwisata

Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar.com)–Pantai Baron di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari merupakan salah satu pantai legendaris di Gunungkidul. Pantai yang terkenal dengan kulinernya itu memiliki aliran sungai dari bawah tanah yang langsung terhubung dengan bibir pantai. Berubahnya alur sungai itu pun kini memunculkan keunikan yakni terbentuknya danau kecil di sekitar pantai.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan. Kemunculan danau kecil itu pun tidak dapat diprediksi. Sebab tergantung dengan arah aliran sungai tersebut. Kadang 5 tahun sekali bahkan bisa lebih.

“Kemunculannya tidak bisa diprediksi, karena laut ya begitu, kadang muncul kadang tidak,” kata Suris.

Pengunjung yang ingin menuju pantai harus melewati jembatan bambu yang dibuat warga yang melintas di atas danau kecil ini. jika tidak, pengunjung bisa melewati sedikit memutar dan lewat tanah berpasir di sisi barat yang lokasinya berada di dekat posko SAR.

Ia menjelaskan, air yang ada di dalam danau ini berganti ketika gelombang pasang atau tinggi dan akan terlihat cukup jernih. Namun sebaliknya, jika tidak dihantam gelombang maka airnya menjadi kurang jernih.

Berita Lainnya  Kurang Konsentrasi saat Berkendara, Pemuda Tabrak Ibu-Ibu Hingga Luka Parah

“Ya kalau untuk berenang kurang bersih, wong airnya jarang ganti, tetapi relatif aman,” ucap Suris.

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menambahkan, fenomena danau kecil di Pantai Baron bukan hal yang baru karena terbentuk setiap lima tahun sekali. Hal ini tak lepas dari adanya perpindahan alur sungai bawah tanah, yang semula mengalir ke sisi timur menuju ke sisi selatan atau langsung ke samudra Hindia.

“Biasanya saat aliran ke timur, muncul fenomena gundukan pasir mirip pulau kecil. Tetapi saat aliran berubah ke selatan, menghilangkan fenomena itu (pulau kecil). Tetapi tahun ini sedikit berbeda karena ganti muncul adanya danau kecil,” ucap Marjono. – (Dina)

Berita Lainnya  Terpeleset, Pemancing Jatuh dari Tebing Setinggi 6 Meter

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler