fbpx
Connect with us

Pariwisata

Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron

Published

on

Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 157
Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 158 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 159 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 160 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 161 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 162 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 163 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 164 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 165 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 166 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 167 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 168 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 169 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 171 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 172 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 173 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 174

Tanjungsari,(pidjar.com)–Pantai Baron di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari merupakan salah satu pantai legendaris di Gunungkidul. Pantai yang terkenal dengan kulinernya itu memiliki aliran sungai dari bawah tanah yang langsung terhubung dengan bibir pantai. Berubahnya alur sungai itu pun kini memunculkan keunikan yakni terbentuknya danau kecil di sekitar pantai.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan. Kemunculan danau kecil itu pun tidak dapat diprediksi. Sebab tergantung dengan arah aliran sungai tersebut. Kadang 5 tahun sekali bahkan bisa lebih.

“Kemunculannya tidak bisa diprediksi, karena laut ya begitu, kadang muncul kadang tidak,” kata Suris.

Pengunjung yang ingin menuju pantai harus melewati jembatan bambu yang dibuat warga yang melintas di atas danau kecil ini. jika tidak, pengunjung bisa melewati sedikit memutar dan lewat tanah berpasir di sisi barat yang lokasinya berada di dekat posko SAR.

Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 175 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 176 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 170

Ia menjelaskan, air yang ada di dalam danau ini berganti ketika gelombang pasang atau tinggi dan akan terlihat cukup jernih. Namun sebaliknya, jika tidak dihantam gelombang maka airnya menjadi kurang jernih.

“Ya kalau untuk berenang kurang bersih, wong airnya jarang ganti, tetapi relatif aman,” ucap Suris.

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menambahkan, fenomena danau kecil di Pantai Baron bukan hal yang baru karena terbentuk setiap lima tahun sekali. Hal ini tak lepas dari adanya perpindahan alur sungai bawah tanah, yang semula mengalir ke sisi timur menuju ke sisi selatan atau langsung ke samudra Hindia.

“Biasanya saat aliran ke timur, muncul fenomena gundukan pasir mirip pulau kecil. Tetapi saat aliran berubah ke selatan, menghilangkan fenomena itu (pulau kecil). Tetapi tahun ini sedikit berbeda karena ganti muncul adanya danau kecil,” ucap Marjono. – (Dina)

Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 178 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 179 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 180 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 181 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 182 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 183 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 184 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 185 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 186 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 187 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 188 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 189 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 190 Unik, Danau Kecil Muncul di Pantai Baron 191

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler