fbpx
Connect with us

Sosial

Unik, Pisang Milik Warga Baros Ini Bertandan Empat

Published

on

Saptosari,(pidjar.com)–Jika biasanya, satu batang pohon pisang, saat berbuah hanya memiliki satu tandan pisang saja, namun berbeda dengan pisang milik Wartinem (40) warga Baros (02/02), Kalurahan Mongol Kapanewon Saptosari ini. Uniknya, pohon pisang yang terletak di belakang rumahnya bertandan empat.

Wartinem mengatakan, sejak pisangnya tumbuh dan berbuah tak ada tanda-tanda aneh. Baru muncul ketika buah pisang mulai terlihat, sedikitnya ada empat tandan yang menjulang kebawah.

“Saya lihat cukup unik, ada empat tandan saya pelihara sampai cukup besar, sampai sekarang ya saya sangga pakai bambu tiga biar tidak ambruk,” papar Wartinem, Senin (18/01/2021).

Wartinem menambahkan, sejak buah pisang kian membesar, banyak warga yang datang penasaran. Warga yang datang lantas mengabadikan pisang dengan empat tandan tersebut.

“Baru berusia sebulan itu buahnya, paling beberapa minggu lagi bisa dipanen,” ujar dia.

Ia mengaku, pisangnya sudah berusia tiga tahun dan telah berbuah tiga kali. Pada panen pertama pisangnya normal dengan tandan satu, pada panen kedua bertandan dua. Namun di panen ketiga bertandan empat.

“Saya juga sedikit kaget, wong perawatannya juga biasa saja seperti pohon pisang pada umumnya,” jelas Wartinem.

Wartinem mengulas, benih pisang jenis ambon tersebut ia dapat dari saudaranya yang berada di Sumatera. Menurutnya, rasa pisangnya cukup manis sama seperti pisang ambon pada umumnya.

“Sudah dua kali panen, semua matengnya enak, manis,” ujarnya.

Warga sekitar yang datang untuk melihat pisang, Tumpk mengaku cukup penasaran. Ia mendapatkan informasi keberadaan pisang unik empat tandan ini dari media sosial.

“Saya penasaran saja, pengen mendokumentasikan karena menurut saya tidak lazim,” tutup ibu dua anak itu.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler