fbpx
Connect with us

Sosial

Unik, Pohon Pisang Mati Justru Berbuah

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pohon pisang pada umumnya tumbuh selama 12 hingga 15 bulan setelah ditanam. Setelah beranjak meninggi, pohon akan mengeluarkan bunga yang kemudian tumbuh membentuk tanduk dan buah pisang. Lazimnya, setelah berbuah dan ditebang, pohon pisang akan mati.

Namun, hal berbeda terjadi dengan pohon pisang milik Suprihatin, warga Padukuhan Gadungsari, Kalurahan Wonosari, Kapanewon Wonosari. Ia menanam pisang jenis utri lima tahun yang lalu. Namun, dalam perkembangannya, pisang yang ia tanam tersebut tidak menunjukan hasil positif.

Pisang kemudian layu dan kering karena batang akarnya sering dipatok ayam. Suprihatin lantas memutuskan untuk menebang pohon pisang tersebut.

Ia menyisakan batang hanya sekitar 30 centimeter. Yang unik, setelah dua bulan berselang ia kaget bukan main. Suprihatin menemukan batang pohonnya yang telah ditebang itu justru berbuah pisang utuh.

“Pisang ini sebelumnya sama sekali belum pernah berbuah, saya kaget kok setelah ditebang dan mati, justru ada buahnya,” kata Suprihatin.

Ditambahkannya, tidak ada perawatan khusus sebelum pisang tersebut berbuah di batangnya. Ia juga heran padahal batang pohon tersebut sudah mati.

“Lha saya juga kaget, wong tahunya habis ditebang mati, kok malah mengeluarkan tanduk dan berbuah,” terangnya.

Karena keunikannya, buah pisangnya yang belum masak tersebut masih ia biarkan di batang pisang. Untuk menjaga dari mangsa hewan ternak, batang pisang tersebut ia lindungi dengan jaring.

“Saya mau jaga buah ini biar sampai tumbuh besar, sementara saya tutup pake jaring,” tandas ibu dua anak itu.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler